Sepak Bola Nasional

Hengki Ardiles ditunjuk jadi pelatih Semen Padang Academy

Hengki Ardiles ditunjuk jadi pelatih Semen Padang Academy

Hengki Ardiles (kiri) bersama Manajer Semen Padang Effendi Syahputra. ANTARA/HO- Semen Padang FC.

Padang, (ANTARA) - Manajemen Semen Padang Football Club (SPFC) menunjuk Hengki Ardiles menjadi pelatih kepala Semen Padang Academy yang bertujuan untuk melahirkan talenta-talenta lokal yang akan menjadi tulang punggung tim SPFC pada kompetisi Liga Indonesia.

Manajer SPFC Effendi Syahputra dalam keterangan tertulisnya di Padang, Kamis, mengatakan alasan singkatnya memilih Hengky Ardiles karena merupakan legenda tim dan putra terbaik Ranah Minang yang memiliki kompetensi dengan lisensi B AFC.

"Selain itu, sosok Hengki juga merupakan panutan bagi pemain lokal saat ini," kata dia.

Hengki Ardiles sendiri sudah mulai turun ke lapangan saat pencarian bakat pemain asal Sumatera Barat dalam turnamen Katapolos.com yang berlanjut dalam seleksi langsung yang diadakan manajemen tim SPFC beberapa waktu lalu bersama pelatih Semen Padang Welliansyah dan Hendra Susilo.

Baca juga: Semen Padang akhiri kerja sama dengan pelatih Eduardo Almeida

Menurut dia, Hengki Ardiles memiliki dedikasi yang tinggi untuk SPFC dan sudah memiliki lisensi B AFC serta menjadi idola pemain-pemain muda Sumbar saat ini.

“Kita memberikan kepercayaan untuk memimpin Academy kita yang merupakan bagian kerja sama bersama FIFA,"kata dia.

Hengki Ardiles merupakan legenda hidup tim dan memulai karier dari Pratama SPFC yang juga merupakan cikal bakal SPFC Academy ini.

Pemilik nomor punggung 11 itu sudah 20 tahun mengabdikan diri sebagai pemain SPFC.

Selama jadi pemain, jatuh bangun tim sudah dilalui bersama oleh Hengki Ardiles.

Baca juga: Semen Padang seleksi 40 pemain muda untuk tim akademi

Titik puncak prestasinya adalah meraih juara Liga Indonesia, perempat final Piala AFC dan masih banyak prestasi lainnya menghiasi perjuangan Hengki Ardiles bersama SPFC. Sempat terdegradasi ke Liga 2 tahun 2017, Ardiles kembali membawa tim promosi ke Liga 1 2019 sebelum akhirnya pensiun.

Setelah menepi sebagai pemain, Hengki Ardiles yang sudah mengantongi lisensi C AFC, mendapat mandat mendampingi Coach Delfiadri sebagai asisten pelatih di SPFC Elite Pro Academy (EPA) U-20.

Setelahnya, Hengki kembali mengambil kursus kepelatihan B AFC dan sempat menukangi PSP Padang sebelum akhirnya menerima pinangan tim SPFC untuk melatih tim SPFC Academy yang juga akan diperbantukan untuk tim SPFC senior.

Baca juga: Manajemen Semen Padang sesalkan Piala Menpora tak libatkan tim Liga 2
Baca juga: Semen Padang FC persiapkan tim hadapi Liga 2 selepas Idul Fitri

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar