Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu nominator penerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020.

Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rini Handayani melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis mengatakan pemberian Anugerah Parahita Ekapraya adalah bentuk dukungan Presiden Joko Widodo untuk pemda yang telah mengupayakan peningkatan pengarusutamaan gender.

"Penilaian tahun ini DIY kami lihat berdasarkan data dan informasi yang objektif telah memenuhi syarat untuk kembali menjadi kandidat penerima penghargaan," kata dia.

DIY, kata Rini, sudah mendapatkan anugerah APE kategori mentor selama dua tahun berturut-turut. Anugerah ini merupakan apresiasi dari pusat atas kerja keras DIY menwujudkan kesetaraan gender untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.

Menurut Rini, selama dua tahun terakhir DIY memberikan perkembangan yang menggembirakan terkait pengarusutamaan gender.

Saat verifikasi lapangan dalam rangka pemberian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis, Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan memperjuangkan kesetaraan gender menjadi salah satu keistimewaan DIY.
 

Menurut Sultan, apabila kesetaraan itu tidak mendapatkan perhatian yang semestinya, akan memunculkan permasalahan seperti kemiskinan, ketimpangan sosial, penyimpangan perilaku masyarakat dan sederet masalah lainnya.

DIY, kata Sultan, memanfaatkan pemangku kepentingan untuk memaksimalkan pengarusutamaan gender. Setiap organisasi perangkat daerah (OPD) dituntut bisa saling bekerja sama mewujudkan kesetaraan ini demi mewujudkan harkat martabat kemuliaan manusia Yogyakarta.

"Peningkatan kemuliaan manusia Yogya adalah kondisi di mana semua menjadi lebih baik, kualitas kehidupan masyarakat berkeadilan, kualitas dan keragaman perekonomian masyarakat meningkat, pemerintahan yang demokratis dan aparatur yang bermartabat dan memiliki integritas tinggi," kata Sultan.

Verifikasi lapangan dalam rangka APE 2020 ini seharusnya menjadi rangkaian proses penilaian
pada tahun lalu, namun karena adanya pandemi COVID-19 pelaksanaan verifikasi lapangan diundur dan dilaksanakan pada tahun ini.

Terdapat empat tingkatan atau kategori dalam APE yaitu kategori pratama, kategori madya, kategori utama, dan kategori mentor yang merupakan kategori tertinggi.
 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021