perluasan itu berupa relaksasi persyaratan komponen lokal menjadi minimal 60 persen serta menambah segmen kendaraan 4x2 dan 4x4 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc ....
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (1/4) mulai dari cakupan kendaraan bermotor yang mendapat relaksasi PPnBM diperluas hingga pelaporan SPT Tahunan WP Orang Pribadi sampai 31 Maret 2021 mencapai 11,3 juta.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Relaksasi PPnBM

Pemerintah resmi memperluas cakupan kendaraan bermotor yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dalam rangka meningkatkan konsumsi masyarakat dan memulihkan sektor otomotif.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan perluasan itu berupa relaksasi persyaratan komponen lokal menjadi minimal 60 persen serta menambah segmen kendaraan 4x2 dan 4x4 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai 2.500 cc.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Inflasi Maret

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada Maret 2021 sebesar 0,08 persen, kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto di Jakarta, Kamis.

"Komoditas yang menyumbang inflasi adalah cabai rawit, bawang merah, daging ayam ras, bawang putih, ikan segar, ikan diawetkan dan tarif asisten rumah tangga," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. PMI Manufaktur capai rekor tertinggi

Lembaga Informasi dan Layanan Keuangan IHS Markit melansir Purchasing Manager's Index (PMI) manufaktur RI mencatat rekor tertinggi pada Maret 2021 dalam satu dekade pengumpulan data selama Maret 2021 yaitu mencapai 53,2.

"Sektor manufaktur Indonesia mengakhiri triwulan pertama tahun ini di posisi tinggi,” kata Direktur Ekonomi IHS Markit Andrew Harker.

Berita selengkapnya klik di sini

4. GeNose syarat perjalanan moda transportasi laut

Kementerian Perhubungan resmi menetapkan penggunaan GeNose C19 sebagai salah satu syarat perjalanan bagi penumpang transportasi laut di masa pandemi COVID-19.

"Penetapan penggunaan alat tes GeNose C19 di Pelabuhan Tanjung Priok ini pertanda dimulainya penggunaan alat tes GeNose C19 di sektor transportasi laut," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Realisasi pelaporan SPT Tahunan

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat realisasi pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi hingga batas waktu penyampaian 31 Maret 2021 telah mencapai 11,3 juta.

Jumlah pelaporan SPT Tahunan Tahun Pajak 2020 ini meningkat 26,6 persen atau 2,4 juta SPT, jika dibandingkan dengan tahun 2020 yang terkumpul sebanyak 8,9 juta SPT.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021