Jakarta (ANTARA) - Humas Keuskupan Agung Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie mengatakan pelaksanaan ibadah Paskah di Gereja Katedral, Jakarta, kapasitasnya dibatasi hanya 20 persennya saja atau 309 kursi.

"Kapasitas 20 persen sejak Pandemi hingga sekarang, sekitar 309 orang dan itu umat yang memang bukan lintas paroki tetapi umat yang sudah terdaftar di Katedral," ujar Susyana saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat.

Menurut Susy, pelaksanaan kegiatan keagamaan di Katedral memang patuh terhadap penerapan protokol kesehatan. Bahkan dari 309 orang tersebut masih dibagi dalam beberapa bagian, 200 orang berada di dalam gereja dan 109 orang berada di Plaza Maria.

Umat yang hadir adalah umat paroki Katedral yang berusia 18-59 tahun dan dalam keadaan sehat. Mereka juga sebelumnya harus mendaftar melalui laman Bela Rasa untuk mengikuti ibadah secara luring.

"Pada Jumat Agung misa digelar pada pukul 15:00 WIB dan 18:00 WIB," kata dia.

Baca juga: Pengunjung ibadah Paskah Katedral diminta penuhi sejumlah syarat

Ibadah Paskah diselenggarakan lewat berbagai rangkaian. Dimulai dari pekan suci yang disebut Minggu Palma. Kemudian, pekan Tri Suci yakni Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci. Lalu, misa pontifikal yang disebut perayaan minggu raya Paskah.

Sementara itu, ratusan personel gabungan dari unsur TNI dan Polri diterjunkan untuk mengawal ibadah Paskah di Gereja Katedral. Aparat keamanan dibekali senjata api hingga kendaraan lapis baja guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepolisian juga menambah televisi sirkuit tertutup (closed circuit television/CCTV) di sekitar kawasan Katedral.

"Memang ada CCTV yang dipasang. Dari Katedral sendiri juga ada, kemudian ditambahkan dari aparat Kepolisian," kata Susy.

Baca juga: Momen Paskah, Menag ajak umat Nasrani perkuat rasa kepedulian

Pengawasan kepada umat yang beribadah tatap muka di Katedral juga dilakukan dengan pendeteksi logam dan mesin X-ray sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan.

Oleh karena itu, umat diimbau untuk tidak membawa tas bermuatan besar atau barang yang tidak terlalu penting ke dalam kawasan gereja.

Pada perayaan Paskah tahun ini, Katedral mengikuti tema tahun refleksi, yakni "Semakin Mengasihi, Semakin Terlibat, Semakin Menjadi Berkat".

Baca juga: Panglima TNI pantau pengamanan Paskah di Gereja Katedral Jakarta
Baca juga: Kapolda Metro-Pangdam Jaya juga cek pengamanan Gereja Theresia

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021