3 langkah menyamarkan bekas jerawat menurut Ahli

3 langkah menyamarkan bekas jerawat menurut Ahli

ilustrasi memeriksa wajah berjerawat. (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Orang yang memiliki bekas jerawat terkadang mengalami kebingungan untuk menghilangkannya karena meski jerawat sudah hilang, bekasnya masih ada dan sulit mengubah penampilan kulit.

Seringkali akibat adanya bekas jerawat, orang jadi tidak percaya diri.

Ada beberapa hal yang memengaruhi kehadiran bekas jerawat, dan rupanya tidak hanya di pengaruhi oleh bagian permukaan kulit tapi juga bagian dalam kulit.

“Cara termudah untuk mengetahui anda memiliki bekas jerawat dengan menutup mata anda lalu rabalah wajah atau area yang pernah ditumbuhi jerawat. Jika merasakan perubahan tekstur pada kulit anda maka kemungkinan besar anda memiliki bekas jerawat,” kata Ahli Dermatologi di Kota New York Shereene Idriss.

Baca juga: Pola makan untuk si kulit berjerawat

Baca juga: Kulit mudah berjerawat, hindari lima makanan ini


Melansir Vogue, ada tiga langkah yang bisa anda lakukan untuk membantu menyamarkan bekas jerawat:

1.Pencegahan

Pencegahan adalah hal yang paling utama, jika anda masih memiliki jerawat di bagian kulit anda dan juga memiliki bekas jerawat maka anda harus menggunakan perawatan untuk jerawat terlebih dahulu.

Produk perawatan jerawat sebenarnya tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan jerawat tapi juga membantu menyamarkan bekasnya.

“Setelah jerawatmu tertangani, baru anda bisa mencari perawatan khusus untuk menyamarkan bekas jerawat,” kata Idriss.

Beberapa bahan yang baik untuk perawatan jerawat di antaranya bahan aktif Asam Salisilat (Salicyd acid), calendula, dan polisakarida (Polysaccharides).

Selain berguna untuk menenangkan kulit wajah yang berjerawat, produk- produk itu juga membantu mengencangkan pertahanan kulit.

2.Samakan warna kulit

Idriss menyebutkan untuk merawat bekas jerawat dirinya selalu menawarkan kliennya untuk memulai perawatan menyamakan warna kulit.

Ia menyebut efek jerawat tentu berbeda- beda di warna kulit yang berbeda. Misalnya untuk yang memiliki warna kulit putih biasanya bekas jerawat berwarna merah seperti terbakar sinar matahari (sunburn).

Sedangkan untuk yang memiliki warna lebih gelap, biasanya bekas jerawat cenderung berwarna coklat.

Perawatan paling mudah untuk menyamakan warna kulit ini dapat dilakukan dengan menggunakan serum vitamin C yang memiliki kandungan antioksidan sehingga melindungi kulit dari radikal bebas pancaran sinar matahari, menyamarkan noda jerawat dan bintik hitam, juga dapat mencerahkan kulit.

Selain itu bisa juga menggunakan bahan aktif retinol yang merupakan turunan dari vitamin A yang fungsinya dapat merangsang produksi kolagen di kulit dan membantu proses menyamakan warna kulit.

Eksfloliasi menggunakan asam yang aman untuk perawatan kulit seperti glycolic acid juga berguna untuk membuat kulit memiliki warna yang sama hingga melembutkan kulit.

3.Perawatan ke profesional

Satu fakta yang menyebalkan tentang bekas jerawat adalah sifatnya yang permanen.

Namun untuk waktu yang lebih cepat dari 2 cara yang disebutkan di atas penanganan dokter atau ahli kulit dapat lebih cepat membantu proses menyamarkan bekas jerawat.

Terapi dengan laser, medical grade chemical peeling, hingga microneedling adalah perawatan yang umum dilakukan oleh dokter menangani bekas jerawat.

Hal yang paling penting dalam menghilangkan bekas jerawat adalah kesabaran.

Tidak mudah memang menghilangkan bekas jerawat, namun dengan perawatan dan produk yang tepat anda bisa menyamarkan ‘noda’ membandel di kulit anda.

Baca juga: Cara mengatasi jerawat pada garis rahang

Baca juga: Cuci muka dengan sabun setiap ganti masker demi hindari jerawat

Baca juga: Muncul alergi kulit selama WFH? Mungkin gara-gara stres


Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar