Jakarta (ANTARA) - Pelita Jaya Bakrie Jakarta menggeser posisi Louvre Dewa United Surabaya di puncak klasemen sementara Divisi Merah Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021.

Dalam laga tunda mereka di seri ketiga di gelembung Robinson Resort, Bogor Jumat, Pelita Jaya mengalahkan Bima Perkasa Jogja 71-63, demikian catatan IBL, Jumat.

Kemenangan tersebut membawa Pelita Jaya memimpin klasemen dengan torehan 21 poin dari 11 pertandingan. Mereka masih punya satu laga tunda lagi saat menghadapi Bali United, Sabtu (3/4).

Baca juga: Hasil IBL 2021: Pelita Jaya beri Louvre kekalahan kedua
Baca juga: Hasil IBL 2021: Pelita Jaya dan Patriots kembali ke jalur kemenangan


Apa pun hasil dari sisa laga yang dilakoni Pelita Jaya besok, mereka sudah hampir pasti mengamankan tiket ke playoff meskipun sebetulnya musim reguler IBL masih menyisakan satu seri yang akan digelar 5-10 April.

Namun tetap saja rekor kemenangan tim asal ibu kota itu sudah terlampau unggul dari para pesaingnya di Divisi Merah.

Dengan satu tiket playoff sudah diamankan Andaka Prastawa dan kolega maka dua tiket tersisa akan diperebutkan oleh tiga tim lainnya, yakni Louvre Surabaya, Bali United, dan Bima Perkasa Jogja.

Louvre memimpin rekor kemenangan di antara dua tim lainnya dengan catatan 8 menang dan 4 kalah, diikuti Bali United (7-4) dan Bima Perkasa (6-6).

Baca juga: Klasemen IBL: Louvre kuasai Divisi Merah
Baca juga: Louvre terus perbesar asa ke playoff selepas tundukkan Satya Wacana


Sementara itu, persaingan perebutan tiket playoff jauh lebih longgar di Divisi Putih. Dua tim sudah dipastikan tampil di playoff, yakni Satria Muda Pertamina Jakarta (22 poin) dan Prawira Bandung (20).

Indonesia Patriots yang menduduki peringkat kedua dengan 21 poin tidak akan ambil bagian di fase berikutnya, sedangkan Amartha Hangtuah Jakarta sebagai juru kunci sudah dipastikan tidak akan lolos.

Baca juga: Patriots tegaskan dominasi atas Hangtuah

Dengan begitu, dua tiket terakhir hanya diperebutkan oleh West Bandits Solo dan NSH Mountain Gold Timika.

NSH punya misi sulit untuk lolos karena mereka butuh sapu bersih kemenangan di seri pamungkas nanti. Namun pada saat bersamaan, West Bandits juga harus kalah pada seluruh laga sisa mereka.

Baca juga: Hasil PCR kelima gelembung IBL Cisarua nihil COVID-19
Baca juga: Menpora apresiasi penerapan prokes di gelembung IBL


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021