Kilang Balongan, Menteri ESDM: Alhamdulillah api sudah dipadamkan

Kilang Balongan, Menteri ESDM: Alhamdulillah api sudah dipadamkan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (tengah) saat memberikan keterangan kepada awak media di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (3/4/2021). ANTARA/Khaerul Izan/pri.

Masih dilakukan pendinginan minyak yang berada di dasar, sehingga bisa menurunkan temperaturnya
Indramayu (ANTARA) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan api di tangki Kilang Balongan milik Pertamina di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, sudah padam dan saat ini sedang dilakukan pendinginan.

"Alhamdulillah api sudah bisa dipadamkan," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu.

Menteri Arifin mengatakan meskipun sudah dinyatakan padam, namun Pertamina masih terus melakukan penanganan di tangki yang terbakar pada Senin (29/3) dini hari.

Baca juga: Pertamina: dua titik api di Kilang Balongan telah padam

Penanganan tersebut, lanjut Arifin, dilakukan dengan pendinginan di tangki yang terbakar  dan diharapkan bisa menurunkan temperatur agar tidak menimbulkan api kembali.

"Masih dilakukan pendinginan minyak yang berada di dasar, sehingga bisa menurunkan temperaturnya," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Ia menuturkan beberapa waktu lalu api yang membakar empat tangki Kilang Balongan sudah bisa berhasil dipadamkan, namun selang beberapa jam kemudian api kembali membakar.

Baca juga: Api kembali bakar tangki Kilang Pertamina Balongan

Kejadian tersebut, kata Arifin, karena minyak yang tersisa masih panas dan berkontak langsung dengan udara, sehingga api menyala kembali.

Namun ia memastikan untuk kali ini kebakaran di empat tangki Kilang Pertamina Balongan, sudah bisa diatasi dan dapat dipadamkan.

"Memang beberapa waktu lalu terjadi kebakaran kembali, ini dikarenakan minyak masih panas, dan terbukanya permukaan cairan serta kontak lagi dengan udara," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Baca juga: Kilang minyak Pertamina Balongan terbakar

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menteri ESDM: Energi baru terbarukan ditingkatkan bertahap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar