KBRI promosikan produk Indonesia di acara Komite ASEAN Pretoria

KBRI promosikan produk Indonesia di acara Komite ASEAN Pretoria

Acara Golf Day 2021 ASEAN Pretoria Committee yang digelar oleh Indonesia sebagai ketua APC pada semester satu tahun 2021. (ANTARA/HO-KBRI Pretoria)

Kita sudah banyak produk Indonesia yang tersebar di Afrika Selatan. Setiap tahun bertambah jumlahnya
Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Pretoria, selaku tuan rumah ASEAN Pretoria Committee, mempromosikan berbagai makanan dan produk khas Indonesia dalam acara Golf Day 2021 yang diikuti oleh para duta besar dan perwakilan negara-negara ASEAN dan negara sahabat.

 

Menurut Fungsi Pensosbud KBRI Pretoria, makanan yang disuguhkan oleh Indonesia, mendapat sambutan yang baik dari para Dubes dan perwakilan negara-negara serta Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, dan Department of Human Settlement Afrika Selatan.

 

“Mereka sangat lahap dengan makanan dari Indonesia, terutama sate dan nasi goreng,” ujar pejabat Fungsi Pensosbud KBRI Pretoria, Oktavia M, saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu.

 

ASEAN Golf Day 2021 diselenggarakan pada awal pekan sebagai kompetisi persahabatan, dengan implementasi protokol kesehatan yang ketat, dan diikuti oleh 40 peserta. Wakil Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, Avin Bottes, membuka turnamen yang diwarnai dengan nuansa khas Indonesia, lengkap dengan berbagai ornamen yang merepresentasikan Tanah Air.

 

KBRI Pretoria juga memanfaatkan acara itu untuk mempromosikan produk-produk Indonesia yang telah beredar di pasar Afrika Selatan, seperti mie instan, minuman, biskuit, permen, obat-obatan dan produk kelapa.

 

“Kita sudah banyak produk Indonesia yang tersebar di Afrika Selatan. Setiap tahun bertambah jumlahnya,” tambah Oktavia.

 

Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi dalam acara tersebut mengatakan bahwa dirinya, yang juga menjabat sebagai Ketua Komite ASEAN Pretoria, berharap agar perhelatan tersebut dapat lebih mempererat hubungan dan kerja sama antara ASEAN dengan Afrika Selatan.

 

Wamenlu Botes dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa Afrika Selatan akan memastikan ASEAN sebagai mitra penting dan bagian strategis untuk mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan, termasuk di bidang Pendidikan.

 

Botes juga menegaskan peran penting Indonesia dalam membangun solidaritas Selatan-Selatan, antara lain melalui Gerakan Non-Blok.

 

Komite ASEAN Pretoria (APC) adalah perkumpulan negara-negara ASEAN yang memiliki perwakilan pada tingkat Dubes di Pretoria, Afrika Selatan.

 

Pada saat ini terdapat tujuh negara anggota ASEAN di Pretoria, yakni Filipina, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam, di mana pada semester pertama tahun 2021 ini Indonesia menjadi ketua APC.

 

APC bertujuan untuk mengangkat citra ASEAN lebih dikenal di kalangan masyarakat Afrika Selatan serta mendorong kerja sama yang lebih erat antara negara-negara ASEAN dengan Afrika Selatan di berbagai bidang yang menjadi kepentingan strategis kedua belah pihak.

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Malam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar