Panglima TNI lanjut tinjau pengamanan Paskah di Manokwari

Panglima TNI lanjut tinjau pengamanan Paskah di Manokwari

Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah) berbincang dengan pengurus gereja saat meninjau pengamanan Hari Raya Paskah di Gereja Katolik Immanuel Sanggeng, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (3/4/2021). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Makassar (ANTARA) - Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melanjutkan kegiatan peninjauan pengamanan rangkaian Hari Raya Paskah di Manokwari, Papua Barat, Sabtu, setelah pada dua hari sebelumnya ia memeriksa pasukan keamanan di gereja-gereja Jakarta dan Makassar, Sulawesi Selatan.

“Saya dengan Kabaintelkam (Kepala Badan Intelijen dan Keamanan) Polri (Komjen Pol Paulus Waterpauw) sengaja datang ke Manokwari untuk mengecek secara langsung tempat ibadah dalam rangka paskah agar bisa dilaksanakan dengan baik dan kondisinya aman,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dalam peninjauan pengamanan di Gereja Katolik Immanuel Sanggeng, Manokwari, Papua Barat, itu, panglima TNI memastikan pelaksanaan rangkaian ibadah Hari Raya Paskah berjalan aman.

“Bapak, ibu sekalian tidak usah takut dan ragu. Kami selalu back up (membantu) pengamanan dan memberi ketenangan, keyakinan, kepada Bapak Ibu sekalian agar aktivitas ibadah berjalan aman, lancar, dan baik,” kata Hadi berusaha meyakinkan para jemaat gereja.

Dalam kunjungan ke Gereja Katolik Immanuel Sanggeng itu, panglima TNI dan kabaintelkam Polri disambut oleh pengurus rumah ibadah. Hadi juga sempat menyapa para jemaat yang tengah berkumpul di gereja untuk mengikuti ibadah misa Sabtu Suci, yang berlangsung satu hari sebelum ibadah puncak Minggu Paskah.

Hadi telah melakukan pengecekan pengamanan di gereja-gereja secara langsung di Jakarta pada Kamis (1/4), dan di Makassar pada Jumat (2/4).

Baca juga: Kapolri pastikan tidak ada gangguan saat ibadah Paskah

Di Makassar, panglima TNI meninjau pengamanan di empat gereja, yaitu Gereja Paroki Maria Ratu Kare, Gereja Manggamaseang, Gereja Katedral Makassar, dan Gereja Immanuel.

Setidaknya ada 2.901 anggota pasukan gabungan TNI/Polri yang siaga mengamankan rangkaian ibadah Paskah di Makassar. Pasukan itu tersebar di rumah-rumah ibadah, khususnya gereja, dan pusat-pusat keramaian.

Tidak hanya itu, TNI/Polri juga membentuk Posko Komando Taktis untuk membantu koordinasi pengamanan Hari Raya Paskah.

"Kita bikin Poskotis, Posko Komando Taktis Gabungan TNI/Polri. Hampir di setiap provinsi, bisa ada empat sampai enam (posko),” kata Hadi di sela kunjungannya di Makassar, Jumat.

“Khusus pengamanan ibadah, rangkaiannya sampai Hari Minggu. Namun, setelah Hari Minggu, kami tetap melaksanakan cegah dini dan deteksi dini terhadap kemungkinan terjadinya kerawanan,” kata dia menambahkan.

Baca juga: Kapolri pastikan perayaan Paskah di NTT berjalan aman

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Rahmad Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar