Liga Jerman

Dwigol Marcus Thuram bawa Gladbach bangkit tundukkan Freiburg

Dwigol Marcus Thuram bawa Gladbach bangkit tundukkan Freiburg

Penyerang Borussia Moenchengladbach Marcus Thuram (kiri) melakukan selebrasi bersama Christoph Kramer seusai mencetak gol ke gawang SC Freiburg dalam lanjutan Liga Jerman di Stadion Borussia Park, Moenchengladbach, Jerman, Sabtu (3/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Uwe Kraft)

Jakarta (ANTARA) - Dwigol yang dicetak Marcus Thuram membawa Borussia Moenchengladbach bangkit menundukkan SC Freiburg 2-1 dalam laga pekan ke-27 Liga Jerman di Stadion Borussia Park, Moenchengladbach, Jerman, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Kedua gol itu dicetak Thuram pada babak kedua, setelah Gladbach sempat tertinggal lebih dulu hingga turun minum akibat gol cepat Rolland Salai, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Hasil itu menjaga catatan positif Gladbach yang kini menang dua pertandingan beruntun setelah keluar dari rentetan empat kekalahan, sekaligus menjaga asa dalam persaingan memperebutkan tiket kompetisi Eropa.

Gladbach kini mengoleksi 39 poin dan untuk sementara naik ke peringkat ketujuh, termasuk melompati Freiburg (37) yang kini turun di peringkat kesembilan.

Baca juga: Gladbach akhiri penantian panjang kembali ke jalur kemenangan

Pertandingan baru berusia 10 menit ketika Sallai mampu membawa Freiburg mencuri keunggulan dengan sepakan kaki kanannya menyelesaikan umpan Ermedin Demirovic.

Kendati mengawali laga dengan relatif baik, Gladbach harus tertinggal lebih dulu saat Sallai menyelesaikan umpan kiriman Ermedin Demirovic dengan sepakan kaki kanan pada menit ke-10.

Gladbach berusaha segera membalas tapi tembakan Alassane Plea masih membentur barisan pertahanan Freiburg, sedangkan sundulan Thuram masih bisa diamankan kiper Florian Mueller.

Skor 1-0 tak berubah hingga turun minum kendati Freiburg juga memiliki beberapa peluang termasuk tembakan Sallai dan Lucas Hoeler yang bisa digagalkan oleh kiper Yann Sommer.

Pada menit ke-52, Gladbach hampir menyamakan kedudukan ketika tembakan Stefan Lainer sudah tak terjangkau Mueller tapi sayangnya masih membentur tiang gawang.

Baca juga: Xabi Alonso dilaporkan sepakat latih Gladbach musim depan

Semenit berselang kerja keras Gladbach membuahkan hasil ketika umpan Lars Stindl bisa diselesaikan dengan sempurna oleh Thuram ke pojok kanan atas gawang demi membuat kedudukan imbang 1-1.

Momentum kebangkitan segera dimanfaatkan Gladbach untuk berbalik unggul 2-1 pada menit ke-60 menyelesaikan sebuah serangan balik yang diakhiri tembakan akurat Thuram.

Pada menit ke-67, gawang Freiburg kebobolan lagi oleh gol bunuh diri, tetapi VAR dan wasit Christian Dingert sepakat menganulir gol itu karena dugaan pelanggaran oleh Lainer.

Keunggulan Gladbach terus bertahan dan tepat di pengujung injury time Hoeler menjebol gawang tuan rumah, tetapi gol itu dianulir VAR karena offside, mengunci kemenangan 2-1 bagi Die Fohlen.

Untuk jadwal selanjutnya, Freiburg akan bermain pada Jumat (9/4) pekan depan di markas Arminia Bielefeld, sedangkan Gladbach baru tampil sehari berselang melawat ke kandang Hertha Berlin.

Baca juga: Bayern tegaskan posisi puncak selepas menang di Leipzig
Baca juga: Leverkusen menang dalam pertandingan perdana bersama Hannes Wolf
Baca juga: Asa empat besar Dortmund memudar seusai dipecundangi Frankfurt

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar