Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Sabtu (3/4) mulai Bank Indonesia akan mendorong perluasan akses keuangan bagi UMKM hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan agar tetap disiplin menjaga protokol kesehatan di objek wisata.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Akses keuangan bagi UMKM

Bank Indonesia akan terus mendorong perluasan akses keuangan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa kembali bangkit setelah terdampak pandemi COVID-19.

"BI juga selalu mendorong perluasan akses keuangannya (bagi UMKM)," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Rokok dapat dijual murah

Peneliti Center of Human And Economic Development (CHED) Institut Teknologi Dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan Jakarta, Adi Musharianto mengatakan aturan pemerintah memungkinkan rokok dapat dijual dengan harga murah di pasaran sehingga relatif terjangkau oleh masyarakat.

“Kalau kita lihat harga rokok, faktanya Harga Transaksi Pasar atau HTP justru diatur kurang dari harga banderol. Ambil contoh sigaret putih mesin (SPM) harga banderolnya Rp35.800 tetapi di pasar dijual Rp29 ribu atau 81 persennya," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Holtikultura berorientasi ekspor

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong pengembangan komoditas hortikultura berorientasi ekspor yang dilakukan melalui kerja sama kemitraan dengan beberapa pemerintah daerah.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyatakan kerja sama ini dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan pemerataan ekonomi di daerah dan ketersediaan sumber pangan yang berkualitas.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Produktivitas pertanian

PT Pupuk Indonesia (Persero) meluncurkan program Agro Solutiion berupa pendampingan kepada para petani agar bisa menggenjot produktivitas hasil panen dengan ekosistem mulai dari pembibitan hingga panen.

"Program Agro Solution telah dijalankan oleh seluruh anak perusahaan," kata Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Protokol kesehatan di tempat wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan kepada para pengelola objek wisata agar tetap disiplin menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Saya ingatkan protokol kesehatan harus dijaga secara ketat dan disiplin," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021