Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia berawan dan akan mengalami hujan ringan pada Minggu siang.

Berdasarkan data dari situs BMKG yang diaskes di Jakarta, Minggu, menyebutkan beberapa wilayah di Indonesia diprakirakan berawan hingga berawan tebal yakni Serang, Bengkulu, Jakarta, Semarang, Surabaya, Ternate, Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Kendari, Padang, dan Medan.

Sementara wilayah yang mengalami hujan ringan yakni Denpasar, Bandung, Palangkaraya, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Mataram, dan Kupang.

Banda Aceh dan Pontianak diperkirakan cerah. Sedangkan Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Banjarmasin, Tarakan, dan Palembang diperkirakan cerah berawan.

BMKG juga mengingatkan masyarakat akan adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Barat.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Aceh, Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, bali,d an Nusa Tenggara Barat. Sementara wilayah yang berpotensi angin kencang adalah Yogyakarta.

Baca juga: BMKG prakirakan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu semakin kuat
Baca juga: BMKG prediksi es Puncak Jaya hilang di 2025 karena pemanasan global


Pewarta: Indriani
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2021