Liga Inggris

Southampton bangkit dari ketertinggalan saat tundukkan Burnley 3-2

Southampton bangkit dari ketertinggalan saat tundukkan Burnley 3-2

Pemain sayap Southampton Nathan Redmond (kiri) mencetak gol untuk membalikkan keadaan atas Burnley dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Minggu (4/4/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Andrew Boyers)

Jakarta (ANTARA) - Southampton bangkit dari ketertinggalan dua gol saat menundukkan tamunya Burnley dengan skor 3-2 dalam laga pekan ke-30 Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Minggu.

Kontribusi apik Danny Ings dan Nathan Redmond yang sama-sama membukukan satu gol dan satu assist menyusul gol dari Stuart Armstrong membuat Southampton mampu membalikkan keadaan setelah sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Chris Wood dan Matej Vydra.

Hasil tersebut membuat Southampton merayakan kemenangan lagi di kandangnya sendiri setelah gagal di lima pertandingan sebelumnya dan tim besutan Ralph Hasenhuettl itu untuk sementara naik ke urutan ke-13 dengan koleksi 36 poin.

Sedangkan Burnley (33), yang harus rela tren nirkalah dalam tiga pertandingan sebelumnya berakhir, tertahan di posisi ke-15, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Southampton pungkasi paceklik kemenangan saat tundukkan juru kunci

Delapan menit pertandingan berjalan, Kyle Walker-Peters menjatuhkan Erik Pieters di dalam area terlarang dan wasit Andre Marriner menghabiskan hampir tiga menit lamanya berkonsultasi dengan VAR sebelum menghadiahi tendangan penalti bagi Burnley.

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh Wood yang melakoni tugasnya sebagai algojo dengan baik, memperdaya kiper Fraser Forster untuk membawa tim tamu memimpin.

Keunggulan Burnley berganda pada menit ke-28 saat umpan jauh Ben Mee bisa dipantulkan oleh Wood dengan sundulan disambut tembakan keras Vydra yang tak mampu diantisipasi Forster.

Tiga menit berselang, Southampton memangkas ketertinggalan mereka saat permainan sabar mereka diakhiri umpan matang Ings yang diselesaikan sempurna oleh Armstrong untuk membuat kedudukan jadi 1-2.

Kerja keras tuan rumah akhirnya berakhir dengan keberhasilan menyamakan kedudukan tiga menit jelang turun minum ketika Ings dengan dingin mengecoh James Tarkowski saat mengejar umpan kiriman Redmond sebelum melepaskan penyelesaian dingin melewati kiper Nick Pope.

Baca juga: Burnley lengkapi kemenangan ganda Merseyside setelah tundukkan Everton

Southampton memasuki babak kedua ambisi membalikkan keadaan tetapi tembakan James Ward-Prowse menyambar bola liar di luar kotak penalti masih membentur mistar gawang.

Pada menit ke-66 bola muntah hasil tembakan Ings dikirim ke area tiang jauh oleh Theo Walcott untuk diselesaikan Redmond demi menuntaskan kebangkitan Southampton yang berbalik memimpin 3-2 atas Burnley.

Kebangkitan Southampton dilengkapi penyelamatan gemilang Forster, yang sempat meninggalkan gawangnya, dengan berlari kencang dari luar kotak penalti untuk menepis tembakan Wood pada menit ke-77.

Pada menit ketiga injury time, Che Adams membuang kesempatan untuk mengunci kemenangan Southampton lebih awal ketika gagal menaklukkan Pope dalam situasi satu lawan satu. Pun demikian skor 3-2 bagi The Saints bertahan hingga bubaran.

Pekan depan Burnley akan menjamu Newcastle di Turf Moor pada Minggu (11/4), sehari sebelum Southampton bertandang ke markas West Bromwich Albion.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Manchester City kini unggul 17 poin di puncak
Baca juga: Diogo Jota pimpin Liverpool babat Arsenal 3-0
Baca juga: Tuchel akui Chelsea sudah main buruk sebelum kartu merah Thiago Silva

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar