Liga Belanda

Ajax bangkit dari ketertinggalan saat menang di markas Heerenveen

Ajax bangkit dari ketertinggalan saat menang di markas Heerenveen

Kapten Ajax Dusan Tadic (kiri) berusaha melepaskan diri dari kejaran bek Heerenveen Sherel Floranus dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Abe Lenstra, Heerenveen, Belanda, Minggu (4/4/2021). (ANTARA/AFP/ANP/Olaf Kraak)

Jakarta (ANTARA) - Ajax bangkit dari ketertinggalan saat mempecundangi di markas Heerenveen dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-28 Liga Belanda di Stadion Abe Lenstra, Minggu.

Mitchell van Bergen sempat membuat membawa Heerenveen memimpin, tetapi Ajax bangkit meraih kemenangan disokong eksekusi penalti Dusan Tadic dan gol Sebastien Haller.

Ajax melanjutkan rentetan empat kemenangan beruntun dalam tren nirkalah mereka yang sudah berlangsung 16 pertandingan berturut-turut dan semakin memantapkan posisi di puncak klasemen dengan koleksi 69 poin.

Sementara Heerenveen (34), yang menelan tiga kekalahan dalam lima pertandingan terakhirnya, tertahan di urutan ke-10 klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Ajax pesta lima gol ke gawang ADO Den Haag

Kedua tim bermain terbuka sejak awal laga tetapi tembakan jarak dekat Henk Veerman melenceng dari gawang Ajax, sedangkan tendangan spekulasi jarak jauh Ryan Gravenberch masih mampu diamankan kiper Erwin Mulder.

Pada menit ke-27, tuan rumah berhasil membuka keunggulan lebih dulu saat Van Bergen menyelesaikan umpan Joey Veerman dengan tembakan sudut sempit untuk menjebol gawang Ajax.

Ajax berusaha segera membalas tetapi Mulder masih bisa mengamankan tembakan David Neres dan sundulan Nicolas Tagliafico yang mengancam gawang Heerenveen.

Pada menit ke-33, wasit Jochem Kamphuis menunjuk titik putih di dalam kotak penalti Heerenveen setelah menilai Jan Paul van Hecke melakukan pelanggaran handball.

Setelah konsultasi panjang dengan VAR, keputusan itu disahkan dan tendangan penalti sukses dieksekusi oleh Tadic ke pojok kiri bawah gawang demi membuat kedudukan imbang 1-1.

Skor imbang bertahan hingga turun minum dan kedua tim terus berjuang untuk mencetak gol penentu keunggulan hingga akhirnya pada menit ke-61 Haller menyelesaikan umpan Lisandro Martinez dengan tembakan keras yang membawa Ajax berbalik memimpin atas Heerenveen.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di De Oude Meerdijk, Emmen berhasil mengalahkan RKC Waalwijk 3-1 untuk memperbesar asa menghindari degradasi.

Kendati masih tertahan di urutan ke-17, Emmen kini memiliki 18 poin dan hanya butuh lima poin untuk mengentaskan diri dari zona merah.

Baca juga: PSV amankan kembali posisi kedua seusai cukur Heracles

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar