Dia akan mengatakan 'putriku, kamu bodoh sekali'
Yangon (ANTARA) - Demonstran di Myanmar mengadakan protes menuntut pemulihan pemerintahan Aung San Suu Kyi pada Senin dan menyerukan perlawanan nasional yang lebih terkoordinasi, menentang langkah militer menekan penggalangan oposisi terhadap pemerintahan militer itu, yang berumur dua bulan.

Enam orang tewas pada akhir pekan, menurut para aktivis, ketika polisi dan tentara menggunakan kekerasan untuk membubarkan demonstrasi yang oleh beberapa pengunjuk rasa disebut sebagai "revolusi musim semi".

Kampanye menentang penggulingan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi telah mencakup pawai jalanan, kampanye pembangkangan sipil, dan tindakan pemberontakan unik yang diorganisasi di media sosial, yang berusaha dikendalikan oleh junta dengan mematikan layanan pita lebar nirkabel dan data seluler.

Demonstran dengan plakat Suu Kyi dan tanda-tanda yang meminta intervensi internasional berbaris di jalan-jalan kota terbesar kedua Mandalay, menurut gambar di media sosial.

Para pengunjuk rasa mendesak dukungan tepuk tangan terkoordinasi di seluruh negeri Senin malam untuk mengakui tentara etnis minoritas yang telah memihak gerakan anti kudeta, dan demonstran pemuda yang memerangi pasukan keamanan di jalan-jalan setiap hari dan mencoba untuk melindungi atau menyelamatkan pengunjuk rasa yang terluka.

"Mari bertepuk tangan selama lima menit pada tanggal 5 April, pukul 17.00 untuk menghormati Organisasi Bersenjata Etnis dan pemuda pertahanan Gen Z dari Myanmar termasuk Yangon yang berjuang dalam perang revolusi atas nama kita," Ei Thinzar Maung, seorang pemimpin protes, yang mengunggah di Facebook .

Penentang aturan militer menuliskan pesan protes di telur Paskah pada Minggu, seperti "kita harus menang" dan "keluar MAH" - mengacu pada pemimpin junta Min Aung Hlaing.

Setidaknya 557 orang telah tewas sejak dia memimpin kudeta pada 1 Februari, hanya beberapa jam sebelum parlemen baru bersidang, untuk mencegah partai Suu Kyi memulai masa jabatan keduanya.

Sidang parlemen itu menyusul keluhan berbulan-bulan oleh militer atas penipuan dalam pemilihan di mana partai Suu Kyi memenangkan 83% suara, mengalahkan partai yang dibuat oleh pendahulu Min Aung Hlaing.

Kudeta dan tindakan keras terhadap demonstrasi telah menyebabkan protes internasional, mendorong sanksi Barat terhadap militer dan bisnisnya yang menguntungkan.

'Kendala terbesar'

Dalam pidato kepada tentara yang disiarkan media pemerintah pada Minggu, Min Aung Hlaing mengatakan pasukan keamanan "menahan diri sepenuhnya" terhadap perusuh bersenjata yang menyebabkan kekerasan dan anarki.

Tekanan luar negeri terhadap militer terus bertumbuh untuk menghentikan pembunuhan, dengan beberapa negara menyerukan untuk menyerahkan kekuasaan dan membebaskan semua tahanan, dan yang lain mendesak dialog dan pemilihan baru segera.

Sekitar 2.658 orang telah ditahan di bawah junta, kata Asosiasi Tahanan Politik (AAPP) pada Senin.

Junta pada akhir pekan mengumumkan surat perintah penangkapan untuk lebih dari 60 pesohor, pemengaruh media sosial, model, dan musisi atas tuduhan penghasutan.

Junta juga menerima kritik dan meme komedi dibagikan secara luas pada Senin setelah rekaman gambar yang dibocorkan hasil wawancara CNN dengan juru bicara junta di mana CNN bertanya apa yang akan dipikirkan ayah Suu Kyi dan pahlawan kemerdekaan Myanmar, Jenderal Aung San, jika dia dapat melihat keadaan negara sekarang.

"Dia akan mengatakan 'putriku, kamu bodoh sekali'," kata juru bicara Zaw Min Tun dalam rekaman tersebut, yang belum ditayangkan oleh penyiar dan difilmkan oleh orang yang tidak dikenal.

Militer, yang memerintah dengan tangan besi selama setengah abad hingga 2011, telah mengalami permusuhan dengan etnis minoritas bersenjata menyalakan kembali setidaknya di dua front, menimbulkan kekhawatiran akan meningkatnya konflik dan kekacauan di negara itu.

Serikat Nasional Karen, yang menandatangani gencatan senjata pada 2012, telah mengalami serangan udara militer pertama terhadap pasukannya dalam lebih dari 20 tahun, mengirimkan ribuan pengungsi ke Thailand. Pertempuran juga berkecamuk antara tentara dan pemberontak etnis Kachin di utara.

Fitch Solutions pada Senin mengatakan situasi di Myanmar telah "melampaui titik ketidakpastian" dan perkiraan konservatif untuk ekonominya akan menyusut 20% pada tahun fiskal yang dimulai pada Oktober, bukan 2% yang terlihat sebelum kudeta.

Lembaga riset itu mengatakan penggunaan serangan udara "menandai situasi baru sejauh mana militer hendak memobilisasi persenjataannya untuk memadamkan perbedaan pendapat."

Sumber: Reuters

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021