Anies nyatakan siap jalani vaksinasi COVID-19 pekan ini

Anies nyatakan siap jalani vaksinasi COVID-19 pekan ini

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (dua kanan), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan Mendikbud Nadiem Makarim (kiri) meninjau pemberian vaksinasi COVID-19 kepada guru dan tenaga pendidikan di SMA Negeri 70 Bulungan , Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Lukas/aa. (Handout Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)

kadar antibodi dalam tubuhnya setelah dites saat ini sudah mencukupi untuk menerima vaksinasi COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kesiapannya untuk menjalani vaksinasi COVID-19 pada pekan ini setelah sebelumnya mengikuti tes titer antibodi.

"Insyaallah pada pekan ini saya akan ikut  vaksinasi," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin.

Baca juga: Wagub DKI Jakarta doakan Anies segera negatif COVID-19

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menjelaskan kadar antibodi dalam tubuhnya setelah dites saat ini sudah mencukupi untuk menerima vaksinasi COVID-19.

"Jadi saya kemarin tes titer yang menunjukkan bahwa dulu ketika saya pertama kali menjelang donor untuk plasma konvalesen saat itu dites titer skornya itu 320. Kemudian minimal untuk donor itu 80. Tiga hari lalu saya dites (antibodi) lagi angkanya 203," ucapnya.

Sebelumnya, Anies mengatakan dirinya berencana memeriksakan antibodi lebih dulu sebelum mengikuti program vaksinasi corona. Dia akan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menjalani vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Anies: Vaksinasi COVID-19 di Jakarta sudah diikuti 1,8 juta orang

"Saya sudah melewati masa perawatan jangka COVID-19, tuntas tanggal 28 Desember. Jadi tiga bulan kemudian, nanti 28 Maret ini, dan kemarin saya malah menjadi donor untuk program plasma konvalesen karena dites memiliki antibodi cukup tinggi sehingga menjadi donor. Karena itulah, sejak kini saya belum divaksin," kata Anies melalui diskusi virtual, Rabu (24/3).

Anies Baswedan sempat terpapar virus COVID-19 berdasarkan hasil tes usap PCR yang keluar pada Selasa (1/12) dini hari. Dia melaksanakan tes PCR di Balai Kota, Senin (30/11) siang.

Baca juga: Anies lakukan tes kelayakan vaksin setelah 28 Maret 2021

Dia menjalani isolasi mandiri di Rumah Dinas Gubernur Jakarta di Taman Suropati, Jakarta Pusat. Selama positif COVID-19, Anies mengaku tak merasakan gejala apa pun. Anies kemudian sudah negatif pada Selasa (29/12).

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Anies berencana operasikan 100 bus listrik TransJakarta tahun ini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar