Jakarta (ANTARA) - Jalan Raya Trans Flores yang menghubungkan Kota Maumere dan Kota Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi jalur alternatif transportasi darat menuju lokasi bencana banjir bandang di Pulau Adonara.

"Jalur Trans Flores ini bisa kita tempuh kalau terjadi gangguan perjalanan udara menuju Bandara Gewayantana, Larantuka, Kabupaten Flores Timur," kata pengusaha rental mobil, Kristoforus Isa Mia (47), di Maumere, Selasa.

Banjir bandang yang melanda sebagian daerah di Kabupaten Malaka, Kabupaten Flores Timur, dan Kabupaten Sabu Raijua, Minggu (4/4) telah mengakibatkan sejumlah akses jalan umum di wilayah setempat mengalami kerusakan, termasuk beberapa jalan menuju Pulau Adonara.

Kris mengatakan sebelum bencana terjadi, perjalanan darat dari Bandara Fransiskus Xaverius Seda, Maumere, menuju Pulau Adonara bisa ditempuh paling lama selama 15 menit dari Pelabuhan Tobilota.

Namun akibat kerusakan jalan, kata Frans, jalur darat dari Bandara Maumere via Jalan Trans Flores menuju Adonara dialihkan menuju Pelabuhan Larantuka.

Baca juga: 10 korban meninggal akibat banjir bandang di Flores Timur ditemukan

Pengguna transportasi darat membutuhkan waktu tiga jam hingga tiba di Pelabuhan Larantuka.
Perjalanan ke Pulau Adonara harus berlanjut menggunakan transportasi perahu sekitar 1,5 jam menyeberangi selat.

"Kalau melalui Jalan Raya Trans Flores, kita melintasi daerah Geliting, Waigete, Nebe, Boru (Flores Timur), Konga, Lewolaga hingga Larantuka. Sekitar tiga jam lebih perjalanan dari bandara ke pelabuhan," katanya.

Saat ANTARA ikut dalam perjalanan, suasana di sepanjang wilayah Flores Timur menyajikan pemandangan panorama alam yang memukau. Lintasan diapit perbukitan dengan berbagai tumbuhan hijau, seperti pohon jati dan pohon kelapa.

Baca juga: BMKG: Siklon tropis seroja buktikan bahwa perubahan iklim itu nyata

Sementara pemandangan di sisi lain tampak beberapa baris perbukitan yang menyembul di tengah selat Pelabuhan Larantuka.

Jalannya beraspal serta berkelok nyaaris tanpa lubang. Lebarnya cukup untuk dilalui oleh dua unit kendaraan yang saling berlawanan arah.

Jalan Trans Flores sebelumnya ditempuh oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menuju Larantuka karena terkendala cuaca untuk penerbangan ke lokasi banjir bandang di Nusa Tenggara Timur itu, Senin (6/4).

Sementara situasi cuaca pada Selasa pagi hingga siang di langit Maumere dan Larantuka tampak masih dinaungi gumpalan awan hitam serta hujan berintensitas ringan.

Baca juga: BNPB: Banjir bandang di NTT belum perlu status bencana nasional
Baca juga: Basarnas: 69 korban banjir bandang di Adonara ditemukan meninggal

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021