Rumah sakit di sana kan tertimbun longsor
Jakarta (ANTARA) - Pelabuhan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi gerbang masuk distribusi bantuan logistik menuju sejumlah lokasi bencana alam di Pulau Adonara.

Pemantauan ANTARA, Selasa siang, aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan tidak begitu tampak. Hanya terlihat satu unit perahu nelayan yang mengangkut beberapa tumpuk karung beras berlogo Partai Amanat Nasional (PAN).

Beberapa orang berjaket biru bergotong royong mengangkut satu persatu karung beras ukuran 5 Kg dari bak mobil truk menuju dak perahu nelayan yang bersandar di bibir dermaga.

Salah satu anak buah kapal (ABK) barang, Marcel mengatakan Pelabuhan Larantuka memang dikenal sebagai gerbang masuk menuju Pulau Adonara.

"Kami baru hari ini angkut bantuan dari Polri menuju Adonara isinya makanan instan dan minuman. Diangkut pakai truk dalmas terus dipindah ke perahu Polair," katanya.

Baca juga: Kapolda NTT ke Adonara serahkan bantuan logistik

Baca juga: BNPB kirimkan bantuan logistik bencana banjir bandang Flores Timur

 
Relawan membantu evakuasi seorang ibu hamil di dermaga Pelabuhan Larantuka, NTT, Selasa (6/4/2021). (ANTARA/Andi Firdaus)

Selain aktivitas distribusi bantuan, beberapa relawan di Pelabuhan Larantuka juga mengevakuasi seorang ibu hamil sembilan bulan warga Waiwerang, Adonara Timur.

"Ibu itu hamil sembilan bulan sudah mules. Rumah sakit di sana kan tertimbun longsor juga makanya kita bantu evakuasi ke rumah sakit di Larantuka," kata Nahkoda Kapal Patroli Dinas Perikanan Flores Timur, Felix Leden.

Seluruh aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dikawal oleh sejumlah aparat dari kepolisian.

Baca juga: 128 orang meninggal akibat bencana alam di NTT

Baca juga: Bencana banjir lahar hujan di Lembata ratusan warga mengungsi

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021