Tim KLHK cek hutan rusak akibat perambahan

Tim KLHK cek hutan rusak akibat perambahan

Jalan yang menjadi akses utama menuju kawasan Hutan Produksi Air Rami di Kabupaten Mukomuko. ANTARA.

...mulai dari sekarang berhenti melakukan perambahan kawasan hutan
Mukomuko (ANTARA) - Tim Operasi Pengamanan Hutan Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah Sumatera telah mengecek kawasan Hutan Produksi Air Rami, di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu yang rusak akibat perambahan.

“Dari Gakkum Wilayah Sumatera di Palembang telah turun untuk mengecek kebenarannya, dan kalau memang itu terjadi pelanggaran mungkin mereka akan terus melakukan penyelidikan,” kata Kepala UTPD Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kabupaten Mukomuko . Rizon dalam keterangannya, di Mukomuko, Selasa.

Tim Operasi Pengamanan Hutan Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah Sumatera melakukan pengecekan, setelah mendapat informasi terkait kawasan Hutan Produksi Air Rami di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu yang rusak akibat perambahan.

Karena tim dari gakkum telah turun untuk mengecek kawasan hutan yang rusak di daerah ini, katanya lagi, maka diimbau kepada warga setempat untuk berhenti, jangan sampai nanti telah berlarut masalah ini, maka dari awal disampaikan peringatan dan minta tolong agar berhenti melakukan perambahan kawasan hutan.

Ia mengatakan, meskipun pihaknya sampai sekarang belum mengetahui oknum warga yang melakukan perambahan kawasan hutan di daerah ini, namun pihaknya tetap mengeluarkan surat peringatan untuk warga setempat.

“Meskipun sampai sekarang oknumnya tidak tahu, karena belum pernah bertemu, kami tetap membuat surat dan menyampaikan secara lisan kepada oknum warga yang berada di dekat lokasi kawasan hutan daerah ini,” ujarnya.

“Tetapi mereka jangan merasa perbuatannya itu tidak diketahui aparat, pasti akan diketahui pelakunya, jadi mulai dari sekarang berhenti melakukan perambahan kawasan hutan daerah ini,” ujarnya pula.

Untuk itu, katanya, fungsi tim Gakkum KLHK Wilayah Sumatera tersebut, mereka ini penyidik sampai ke penanganan kasus untuk mengungkap pelaku perambahan hutan tersebut.

Salah satu antisipasi dini untuk mencegah terjadinya perambahan kawasan hutan di daerah ini, pihaknya terpaksa tegas, yakni menutup jalan yang menjadi akses utama dan mengisolasi daerah itu.

Selain itu, katanya lagi, kemungkinan langkah lain untuk mencegah terjadi perambahan kawasan hutan dengan mendirikan pos jaga di lokasi masuk kawasan hutan.
Baca juga: 334,38 hektare hutan Mukomuko rusak akibat perambahan
Baca juga: Perambahan Hutan Produksi Besar-Besaran di Mukomuko

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar