Delegasi Aceh bicarakan investasi Pulau Banyak dengan UEA di Abu Dhabi

Delegasi Aceh bicarakan investasi Pulau Banyak dengan UEA di Abu Dhabi

Kunjungan Delegasi Aceh ke kawasan wisata Pulau Zaya Nurai, Abu Dhabi, Senin (5/4/2021). (ANTARA/Disbudpar Aceh)

Jakarta (ANTARA) - Delegasi Aceh yang dipimpin oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah melakukan kunjungan ke salah satu kawasan wisata mewah milik Murban Energy di salah satu pulau di Abu Dhabi, Senin (5/4), untuk membicarakan kelanjutan investasi UEA di Pulau Banyak, Aceh, menyusul pertemuan mereka bersama Menteri Energi Uni Emirat Arab, Suhail Mohamed Al Mazrouei.

"Kunjungan singkat kami ke Abu Dhabi dalam rangka bertemu dan dialog langsung dengan Bapak Dubes RI, Husain Bagis, Menteri Energi Uni Emirat Arab, Suhail Mohamed Al Mazrouei dan Pemilik Murban Energy, Mohamed Thani Al-Rumaithi yang juga merupakan Ketua KADIN Abu Dhabi di Abu Dhabi untuk menindaklanjuti kerja sama investasi, khususnya pengembangan kawasan wisata mewah di Pulau Banyak, Aceh Singkil dengan besaran investasi direncanakan mencapai 300-500 juta dolar AS," kata Gubernur Aceh Nova Iriansyah melalui keterangannya, Selasa.

Kunjungan ke pulau wisata yang berjarak sekitar 40 menit dari Abu Dhabi menggunakan kapal cepat itu juga bertujuan untuk melihat langsung keberhasilan pihak Murban Energy dalam mengelola dan memasarkan sebuah pulau sebagai kawasan wisata marina berbasis vila yang berhasil mendatangkan wisatawan lokal, nasional dan mancanegara.

Baca juga: Tempat liburan yang cocok untuk ekstrovert & introvert

Baca juga: Pencarian perjalanan internasional meningkat, kata Agoda

 
Kunjungan Delegasi Aceh ke kawasan wisata Pulau Zaya Nurai, Abu Dhabi, Senin (5/4/2021). (ANTARA/Disbudpar Aceh)


Kawasan wisata Pulau Zaya Nurai yang terletak persis di Teluk Arab merupakan kawasan wisata ekslusif yang menawarkan wisatawan berbagai pelayanan kamar hotel berbitang dengan segala fasilitas yang menghadap ke bibir pantai dengan nuansa tropical berlatar belakang pemandangan alam laut dan penghijauan asri dengan lautannya yang teduh dan hamparan pasir putih.

"Alam Pulau Banyak, Aceh Singkil dan sekitarnya tidak kalah dibandingkan dengan Kawasan wisata Pulau Zaya Nurai," kata Nova.

"Pulau Banyak juga punya pemandangan alam laut yang eksotis, hamparan pasit putih, lautannya yang teduh, pepohonan yang hijau, keramahan masyarakat Aceh dan kekayaan budaya yang akan menjadi daya tarik wisata lainnya sebagai added value dalam pengembangan kawasan wisata Pulau Banyak. Kita optimistis Pulau Banyak dan sekitarnya akan menawarkan lebih banyak untuk wisatawan," imbuhnya.
Kunjungan Delegasi Aceh ke kawasan wisata Pulau Zaya Nurai, Abu Dhabi, Senin (5/4/2021). (ANTARA/Disbudpar Aceh)


Sebelumnya untuk mendorong percepatan rencana investasi tersebut, pemerintah Aceh melalui KBRI telah mengundang Murban untuk berkunjung ke Aceh, bersamaan dengan penyelenggaraan kegiatan “Indonesia-Emirates Amazing Week (IEAW) 2021” yang dilangsungkan pada 1-7 Maret 2021.

Kunjungan direktur eksekutif, Amine Abide ke Aceh Singkil tanggal 3 Maret 2021 merupakan kunjungan keduanya.

Di Pulau Banyak Aceh Singkil, Amine meninjau langsung pulau-pulau yang dapat dipertimbangkan sebagai lokasi pengembangan kawasan wisata mewah, antara lain Pulau Ujung Batu, Pulau Sikandang, Pulau Balong, Pulau Asok, Pulau Ragaraga, Pulau Orongan, Pulau Matahari, Pulau Tambarat dan Pulau Bangkaru.

Murban Energy kemudian menandatangani kerja sama pengembangan pariwisata Pulau Banyak dengan Pemerintah Aceh pada saat pelaksanaan Business Forum Indonesia-Emirates Amazing Week (IEAW) 2021, pada 5 Maret 2021.

Baca juga: Event lokal geliatkan kembali sektor pariwisata daerah

Baca juga: Transaksi pariwisata Aceh Travel Mart capai Rp2 miliar

Baca juga: Kemenparekraf: Jadilah wisatawan yang bertanggung jawab

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Penataan Pulau Kemaro, upaya menjadikan Palembang sebagai Venesia dari Timur

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar