Cirebon (ANTARA News) - Sebanyak 7000 tanaman mangrove ditanam di sepanjang garis pantai wilayah Kota Cirebon, Jawa Barat guna mengantisipasi meluasnya abrasi sekaligus menyukseskan program pemerintah untuk melakukan penanaman satu juta pohon, Minggu.

Kepala Administrator Pelabuhan (Adpel) Cirebon, Wahyu Hidayat selaku pihak penyelenggara mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian instansi dan para "stakeholder" yang berada di lingkungan Pelabuhan Cirebon terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

"Kami bersama seluruh instansi yang ada di sekitar Pelabuhan Cirebon dan para stakeholder bersama-sama peduli terhadap lingkungan dan masyarakat dengan melakukan penanaman pohon serta kegiatan sosial," kata Wahyu di sela-sela kegiatan penamanam.

Wahyu menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam penanaman 7.000 mangrove adalah seluruh instansi yang ada di sekitar Pelabuhan Cirebon seperti Bea Cukai, Kantor Imigrasi, Polair dan Lanal Cirebon serta sejumlah stakeholder seperti Pelindo dan asosiasi pelayaran dan kelautan.

Selain penanaman pohon mangrove, pihaknya juga melakukan kegiatan sosial berupa pembagian 150 paket pendidikan untuk anak-anak sekolah di sekitar pelabuhan serta sunatan masal dengan peserta 32 anak.

Dijelaskan Wahyu kegiatan tersebut merupakan instruksi langsung dari Dirjen Perhubungan Laut dan dilaksanakan serentak di seluruh pelabuhan Indonesia.

"Untuk di Pelabuhan Cirebon, kami menanam 7.000 tanaman mangrove yang akan ditanam di sepanjang garis pantai wilayah Kota Cirebon yang sebagian kondisinya cukup memprihatinkan," kata Wahyu.

Untuk pemeliharaan, Wahyu mengimbau seluruh pihak yang terlibat dalam penanaman hari ini agar bertanggung jawab agar tanaman yang ditanamnya tidak mati.

Mengenai kondisi pantai Cirebon, dijelaskan Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Sumber Daya Kelautan Pantai Utara Jawa Barat Purwadi bahwa kondisi pantai di wilayah Kota Cirebon yang panjangnya hanya 7 Km separuhnya dalam kondisi memprihatinkan.

Menurutnya kondisi pantai sebelah barat mulai dari Pelabuhan Cirebon hingga Kesenden rusak parah karena abrasi dan minimnya tanaman bakau (mangrove).

"Dengan adanya program penanaman ini, semoga dapat memperbaiki konidisi pantai Cirebon sebelah barat sehingga abrasi pun dapat diminamilisir," kata Purwadi.
(T.Y003/M019/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010