pasien sembuh terbanyak dari Kecamatan Kasihan 29 orang, disusul Kecamatan Pandak 21 orang
Bantul (ANTARA) - Pasien yang dinyatakan sembuh dari paparan COVID-19 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam sehari terakhir bertambah 149 orang, sehingga total kasus pulih dari infeksi virus corona tersebut per hari Selasa menjadi 9.363 orang.

Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Bantul dalam keterangan resmi pada Selasa malam menyebutkan pasien sembuh terbanyak dari Kecamatan Kasihan 29 orang, disusul Kecamatan Pandak 21 orang, serta Kecamatan Imogiri 20 orang, Kecamatan Banguntapan 20 orang.

Selanjutnya dari Kecamatan Dlingo 17 orang, Jetis 12 orang, Sedayu sembilan orang, Bambanglipuro tujuh orang, dan Bantul lima orang, sisanya dari Kecamatan Srandakan tiga orang, Pajangan tiga orang, Pleret dua orang, serta Sewon satu orang.

Baca juga: Kasus sembuh dari COVID-19 di Bantul tambah 100 jadi 8.997 orang

Sementara untuk kasus konfirmasi positif COVID-19 dalam periode yang sama ada penambahan 32 kasus, dari Kecamatan Bantul, Banguntapan, dan Kasihan masing-masing lima orang, kemudian dari Piyungan empat orang, dan Sedayu empat orang.

Selanjutnya dari Kecamatan Sewon tiga orang, Dlingo dua orang, sisanya dari Kecamatan Kretek, Bambanglipuro, Imogiri, dan Pleret masing-masing satu orang, dengan demikian total kasus positif COVID-19 di Bantul secara akumulasi menjadi 10.358 orang.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Bantul tambah 83 jadi 8.348

Sedangkan untuk kasus positif COVID-19 yang meninggal pada hari ini bertambah empat orang dari Kecamatan Sewon dua orang, serta dari Pajangan, dan Kasihan, sehingga total kasus kematian di Bantul sampai saat ini berjumlah 286 orang.

Dengan perkembangan kasus COVID-19 harian tersebut, maka data pasien COVID-19 aktif domisili Bantul yang masih menjalani isolasi di sejumlah selter maupun perawatan tenaga medis rumah sakit lapangan per hari Selasa berjumlah 709 orang.

Baca juga: Warga sembuh dari COVID-19 di Bantul tambah 100 jadi 8.004

Ketua Harian Satgas COVID-19 Bantul Helmi Jamharis mengatakan saat ini pemerintah kabupaten tengah menggencarkan vaksinasi COVID-19 massal bagi masyarakat, dengan tahapan yang sedang berlangsung saat ini adalah persiapan vaksinasi warga berusia lanjut atau lansia.

Namun demikian, Helmi yang juga Sekretaris Daerah Bantul mengajak semua masyarakat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

"Juga dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai prinsip 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas," katanya.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 bertambah 4.296, positif 4.549 orang

Baca juga: Bertambah 12, total kasus positif COVID-19 di Solok jadi 812 orang

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021