Hendri Septa resmi jabat Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2019-2024

Hendri Septa resmi jabat Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2019-2024

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyematkan pin kepada Wali Kota Padang Hendri Septa, usai pengambilan sumpah jabatan. (ANTARA/Ikhwan Wahyudi)

Saya berharap Hendri melanjutkan program pembangunan sudah dicanangkan
Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi resmi melantik Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menjadi Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2019-2024.

"Saya berharap Hendri melanjutkan program pembangunan yang sudah dicanangkan sebelumnya dan menjalin komunikasi yang baik dengan DPRD," kata Mahyeldi, di Padang, Rabu, usai melantik Hendri Septa.

Menurut Mahyeldi, sinergi yang baik antara eksekutif dengan DPRD menjadi salah satu kunci keberhasilan pembangunan.

"Ini penting jangan sampai terbangun hubungan kurang harmonis, boleh saling mengkritik namun harus tetap dalam aturan yang berlaku," kata dia.

Kemudian, ia berharap mematuhi aturan yang berlaku dan memprioritaskan program kesejahteraan masyarakat.

"Semangat yang harus dikembangkan adalah berkolaborasi dan bersinergi," ujarnya.

Ia meminta Wali Kota Padang mengomunikasikan dan mengnyinergikan program pembangunan dengan provinsi.

"Saya sebagai gubernur siap bekerja sama dengan wali kota dan bupati untuk bersama-sama bersinergi menyukseskan pembangunan, sehingga permasalahan yang ada di Sumbar dapat segera teratasi," kata dia.

Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan yang turut hadir pada acara pelantikan berpesan agar Wali Kota Padang fokus pada program kesejahteraan masyarakat.

"Tugas kepala daerah itu cuma satu, yaitu patuh kepada konstitusi dan melindungi segenap warga dan berbuat untuk kesejahteraan masyarakat," katanya .

Ia berpesan jangan sampai ada warga yang tidak sekolah, kelaparan hingga kesulitan berobat, dan utamakan musyawarah dalam menjalankan tugas.

Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan akan fokus melanjutkan program unggulan yang telah dirancang sejak 2019.

"Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, dan fokus pertama adalah memantapkan pelayanan publik terutama di Kantor Catatan Sipil," kata dia.

"Kemudian melanjutkan program unggulan sesuai RPJMD 2019-2024 dan saat ini pencapaiannya sudah mencapai 46 persen, fokus berikutnya adalah pembangunan ruang kelas baru dan penanganan banjir," kata dia.

Turut hadir pada pelantikan Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Anggota DPR RI Asli Chaidir, Athari Gauti, Asman Abnur, Guspardi Gaus, dan anggota DPD RI Leonardy Harmainy.

Hendri Septa sebelumnya merupakan Wakil Wali Kota Padang 2019-2024 yang memenangkan Pilkada Padang bersama Mahyeldi pada 2018.

Pasangan Mahyeldi-Hendri Septa ketika itu diusung oleh PKS dan PAN.

Setahun menjabat, pada Pilgub Sumbar 2020 Mahyeldi diamanahkan PKS untuk maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Audy Joinaldy.

Pada Pilgub Sumbar 2020 yang digelar 9 Desember 2020, Mahyeldi-Audy Joinaldy dinyatakan unggul dan ditetapkan oleh KPU sebagai pasangan calon gubernur-wakil gubernur terpilih.

Mahyeldi pun resmi dilantik sebagai Gubernur Sumbar 2021-2024 pada 25 Februari 2021, di Istana Negara oleh Presiden Jokowi.

Selepas itu, kursi Wali Kota Padang diisi oleh Hendri Septa dan berdasarkan aturan untuk kursi wakil wali kota Padang yang kosong ditinggalkan, dilakukan pemilihan di DPRD Padang melalui pemungutan suara terbanyak.
Baca juga: Gubernur Sumbar agendakan lantik Wali Kota Padang 7 April 2021
Baca juga: Pelantikan Wali Kota Padang tinggal tunggu arahan Gubernur Sumbar

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wali Kota Padang tanggapi wacana PNS bekerja dari rumah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar