Jakarta (ANTARA) - Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman meresmikan Program Jayakarta Benteng Pancasila di Aula Sudirman, Cililitan, Jakarta Timur.

Kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh 83 Kampung Pancasila Jaya yang terdapat di wilayah Jakarta Raya termasuk Tangerang dan Depok.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menjaga dan memelihara Pancasila sebagai Ideologi Negara dalam wadah program Jayakarta Benteng Pancasila. Membangun kembali semangat Pancasila di kalangan masyarakat," kata Dudung Abdurachman dalam keterangan resminya, Rabu.

Dudung Abdurachman menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang Pancasila yang tidak diketahui sebelumnya ataupun dilupakan.

Selain itu, kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Ideologi Negara Pancasila dan memperkuat kembali hubungan sesama masyarakat dengan menggunakan Pancasila sebagai pondasinya.

Baca juga: Kapolda Metro-Pangdam Jaya juga cek pengamanan Gereja Theresia
Baca juga: Pangdam Jaya-Kapolda pastikan ibadah Paskah di Jakarta kondusif


Kegiatan peresmian ini juga juga dihadiri langsung oleh undangan dari kalangan Pemerintah Daerah, TNI/Polri, hingga Kepala BPIP Prof. K.H. Yudian Wahyudi dan para tokoh agama.

Adapun para pejabat utama Kodam Jaya yang mendampingi Pangdam Jaya di antaranya, Kasdam Jaya, Irdam Jaya, Kapoksahli Pangdam Jaya, para Danrem, para Asisten, Kapendam Jaya dan para Dandim jajaran Kodam Jaya/Jayakarta.

Program Jayakarta Benteng Pancasila sendiri diimplementasikan dengan dibentuknya Kampung Pancasila Jaya yang merupakan gerakan sosialisasi, edukasi serta pelayanan untuk masyarakat di Kampung-kampung pemukiman dalam rangka memelihara nilai-nilai Pancasila pada aspek kehidupan masyarakat.

Mengacu kepada jumlah Koramil jajaran Kodam Jaya seluruhnya terdiri dari 83 Koramil, dalam satu Koramil terdiri dari satu Kampung Pancasila, sehingga jumlah kampung Pancasila yang berada di wilayah teritorial Kodam Jaya seluruhnya terdapat 83 Kampung Pancasila Jayandi wilayah Jakarta Raya.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021