Jakarta (ANTARA) - E-commerce Blibli menghadirkan layanan dan festival belanja terbaru dalam menyambut bulan Ramadhan.

Layanan yang diluncurkan menjelang Ramadhan meliputi pengiriman cepat dalam 2 jam serta festival belanja Hikmah Ramadhan yang dilakukan bersama para penjual, termasuk UMKM. Layanan pengiriman dua jam diperkenalkan agar pelanggan bisa memperoleh barang belanjaan sesegera mungkin.

Berbagai riset menunjukkan bahwa tingkat keyakinan masyarakat akan pemulihan ekonomi semakin meningkat memasuki tahun 2021. Optimisme ini diharapkan akan ikut berpengaruh terhadap antusiasme masyarakat merayakan bulan Ramadhan dan Idulfitri.

“Tingkat konsumsi pelanggan untuk bermacam-macam produk, mulai dari sembako hingga pakaian, meningkat signifikan selama Ramadhan. Sebab itu, dengan semangat Hikmah Ramadhan, Blibli meluncurkan layanan pengiriman 2 jam agar pelanggan bisa dengan cepat menerima belanjaan mereka. Selain itu, Blibli menghadirkan festival belanja agar pelanggan bisa mendapatkan apapun yang mereka butuhkan untuk menjadikan Ramadhan tahun ini penuh hikmah”, ujar Cindy Kalensang, Vice President Business Development Blibli, dalam keterangan resmi, Rabu.

Baca juga: Cara Blibli rayakan Hari Perempuan

Baca juga: Park Seo Jun jadi duta merek internasional Blibli


Permintaan pelanggan di Blibli konsisten meningkat saat Ramadhan. Rata-rata volume order harian di Blibli meningkat dua kali lipat selama Ramadhan 2020 jika dibanding hari biasa, di mana pelanggan paling banyak membeli produk berupa Makanan & Minuman, Handphone, Suplemen Kesehatan, dan Fashion Muslim.

Pelanggan yang berbelanja online pun berasal dari berbagai kota, di mana Blibli melihat lonjakan order yang sangat signifikan dari pelanggan di Bandung, Bantul, Kudus, Palembang, dan Denpasar selama Ramadhan 2020 jika dibandingkan dengan Ramadhan 2019.

Selain itu, konsumen bisa menikmati promosi cashback, diskon juga flash sale serta games saat ngabuburit dan sahur mulai 12 April hingga 14 Mei 2021.

Pentingnya momen Ramadhan bagi ritel dan konsumsi baik di pihak pelanggan dan seller disetujui oleh riset iPrice. iPrice secara konsisten melakukan riset mengenai perubahan perilaku berbelanja Muslim di Indonesia pada saat Ramadhan. Trafik berbelanja online meningkat hingga 345 persen pada jam 5 pagi jika dibandingkan dengan bulan biasanya di Indonesia karena adanya perubahan waktu jam makan yaitu sahur.

Karena perayaan Ramadhan tahun ini akan juga berbeda, pergantian pola hidup dan cara berinteraksi sosial berdampak juga pada daya dan habit berbelanja.

“Tahun 2018, kategori seperti tiket pesawat, tiket kereta dan voucher hotel masih menjadi keyword paling populer di bulan Ramadhan. Namun berkaca dari 2020 kemarin, riset iPrice menemukan kategori fashion, elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan kue lebaran menjadi kategori paling banyak dibeli pada saat berbelanja kebutuhan ramadhan dan hari raya. Temuan dari Blibli dan iPrice bisa dijadikan panduan membantu pelaku UMKM untuk memastikan kategori produk diatas akan ada dalam promo unik yang dilangsungkan selama Ramadhan 2021 mendatang,” kata Dea Vivin Devita, Senior Content Marketing iPrice Group.

Baca juga: Blibli dorong transformasi digital lewat Gadget Champions 2020

Baca juga: Hypermart hingga Foodmart kini hadir di Blibli

Baca juga: Blibli dukung Gernas BBI, tampilkan ragam produk UMKM Sumatra Utara

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021