Jakarta (ANTARA News) - Menkominfo, Tifatul Sembiring, memperkirakan layanan mobile broadband dengan teknologi Long Term Evolution (LTE) sudah bisa dikomersialkan pada akhir 2012.

"LTE atau layanan telekomunikasi seluler generasi ke empat (4G), baru bisa diimplementasikan pada akhir tahun 2012," kata Tifatul, di sela acara Uji Coba LTE Telkomsel dan peresmian pusat pengembangan riset dan pengembangan LTE Telkomsel di Jakarta, Senin.

Menurut Tifatul, butuh waktu panjang melalui serangkaian riset dan pengembangan untuk menentukan apakah suatu layanan teknologi dapat diadopsi atau tidak.

"Dari sisi penggelaran layanan hingga aspek bisnis harus dilakukan secara paralel, sehingga hasil yang dicapai dapat maksimum," kata Tifatul.

LTE adalah suatu teknologi radio yang mampu menawarkan kapasitas dan kualitas kecepatan data hingga 172 Mbps.

Sekarang Telkomsel sedang menggelar ujicoba LTE outdoor di Jakarta.

Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno, mengatakan, ujicoba LTE penting dalam memasuki babak baru setelah dioperasikannya mobile broadband berbasis dual carrier HSPA+.

Pada tahap awal, ujicoba teknologi berbasis seluler GSM ini, Telkomsel menggandeng tiga mitra penyedia jaringan yaitu Huawei, Ericsson, dan Nokia Siemens Network.

"Huawei ujicoba LTE di Jakarta, sedangkan Ericsson ujicoba dual carrier HSPA+ di Medan, dan Nokia Siemens Network di Denpasar," kata Sarwoto.

Ke depan, ia mengutarakan, seluruh mitra vendor Telkomsel Huawei, Ericsson, Nokia Siemens dan ZTE) akan menggelar ujicoba untuk LTE dan Dual Carrier HSPA+.

Untuk menggelar ujicoba LTE tersebut, Telkomsel melakukan kerjasama riset dengan perguruan tinggi, yaitu ITB, UI, dan IT Telkom.

(T.R017/M012/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010