WHO: Kaitan pembekuan darah dan AstraZeneca "logis , tapi tak pasti"

WHO: Kaitan pembekuan darah dan AstraZeneca "logis , tapi tak pasti"

Dokumentasi: Vaksin AstraZeneca yang dikembangkan bersama Universitas Oxford Inggris. (31/10/2020). (ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/aa)

Penting untuk dicatat bahwa meskipun mengkhawatirkan, peristiwa yang sedang dikaji sangat jarang, dengan jumlah yang rendah dilaporkan di antara hampir 200 juta orang yang telah menerima vaksin AstraZeneca COVID-19 di seluruh dunia
Jenewa (ANTARA) - Panel penasihat keamanan vaksin Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada Rabu (7/4) bahwa hubungan sebab-akibat antara vaksin AstraZeneca COVID-19 dan kasus pembekuan darah yang jarang terjadi dengan trombosit rendah "dianggap masuk akal tetapi tidak dikonfirmasi".

Para ahli independen, dalam pernyataan yang dikeluarkan setelah meninjau data global terbaru, mengatakan bahwa kajian khusus diperlukan untuk memahami sepenuhnya hubungan potensial antara vaksinasi dan kemungkinan faktor risiko.

"Penting untuk dicatat bahwa meskipun mengkhawatirkan, peristiwa yang sedang dikaji sangat jarang, dengan jumlah yang rendah dilaporkan di antara hampir 200 juta orang yang telah menerima vaksin AstraZeneca COVID-19 di seluruh dunia," kata panel itu.

Ia menambahkan bahwa panel itu akan bertemu minggu depan untuk meninjau data tambahan.

Sumber: Reuters

Baca juga: AstraZeneca akan sebut potensi risiko pembekuan darah pada label
Baca juga: Australia selidiki kaitan pembekuan darah dengan vaksin AstraZeneca
Baca juga: Inggris temukan 30 kasus pembekuan darah terkait vaksin AstraZeneca

Penerjemah: Gusti Nur Cahya Aryani
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Edisi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar