counter

Monumen Bambu Runcing Gantikan Patung Tiga Mojang

Monumen Bambu Runcing Gantikan Patung Tiga Mojang

Bekasi (ANTARA News) - Monumen Bambu Runcing akan dibangun untuk menggantikan patung Tiga Mojang yang telah dibongkar di kompleks perumahan Kota Harapan Indah Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Patung Tiga Mojang menuai kontroversi, dan disarankan diganti dengan Monumen Bambu Runcing yang mencitrakan daerah itu sebagai kota perjuangan," kata Wakil Wali Kota Bekasi Rahmad Effendi, di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, nilai kejuangan memang harus tercermin sebagai pengganti patung Tiga Mojang tersebut. "Di lokasi perumahan itu dahulu merupakan markas tentara Hizbullah," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, usulan tersebut pantas dipertimbangkan, dan nantinya monumen itu diberi sentuhan moderen sehingga terlihat indah.

Adanya usulan di lokasi itu dibangun Monumen Adipura sebagai penghargaan atas prestasi Kota Bekasi yang mendapat penghargaan Adipura untuk kategori Kota Metropolitan, Rahmad mengatakan akan dipilih lokasi lain untuk membangun monumen tersebut.

"Ini wacana dari saya. Keputusan nanti tentunya setelah melibatkan banyak pihak termasuk anggota DPRD," katanya.

Patung Tiga Mojang yang menjadi ciri khas kompleks perumahan kelas menengah ke atas itu dibongkar sejak Jumat (18/6) lalu, dan selesai pada Sabtu pukul 09:00 WIB.

Sebelumnya, patung yang didirikan tanpa ada izin tersebut diprotes warga karena dinilai seronok, padahal lokasi itu merupakan pusat perjuangan di zaman dulu.

Patung karya I Nyoman Nuarta yang dibangun pada 2007 dengan biaya Rp2,5 miliar tersebut, terbuat dari perunggu. Patung ini tingginya 19 meter.

Setelah dibongkar dari tempatnya, patung tersebut saat ini berada di Polsek Medan Satria, dan rencananya akan dibawa ke Bali.(*)

(T.M027/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar