Pohon besar itu tumbang sekitar pukul 11.30 WIB di mana pada saat itu terjadi angin yang cukup kencang
Bandung (ANTARA) - Sebuah pohon besar tumbang dan menimpa lima mobil akibat diterpa angin kencang di Jalan Bungur, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis siang.

"Ada dua mobil yang kena, itu posisinya di jalan, rusak agak parah, di dalam (tempat parkir) juga ada tiga mobil yang kena pohon, tapi kondisi saat ity tidak hujan" kata Dadang Arohman, seorang saksi yang merupakan petugas keamanan di lokasi kejadian, Kamis.

Ia mengatakan pohon besar itu tumbang sekitar pukul 11.30 WIB di mana pada saat itu terjadi angin yang cukup kencang.

Menurut Dadang, tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut karena tidak ada orang di dalam mobil yang tertimpa mobil. Selain itu, menurutnya jalanan pada saat itu dalam kondisi lengang.

Akibat peristiwa itu, arus lalu lintas di Jalan Bungur sempat tertutup karena pohon yang tumbang itu sehingga arus lalu lintas pun sementara dialihkan.

Sementara itu, Kepala UPT pada Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Roslina mengatakan petugas DPKP3 langsung mengevakuasi pohon yang tumbang itu dengan memotong menggunakan gergaji mesin.

Menurutnya pihak DPKP3 pun selalu melakukan pengecekan dan pemeliharaan terhadap pohon. Namun, kata dia, akar pohon tersebut memang sudah keropos.

"Kita tidak memiliki alat itu (mengecek akar) kita hanya memangkas dan memotong agar ketika ada angin besar tidak terlalu berat bebannya," katanya.

Sedangkan para pemilik mobil yang rusak bisa mengajukan untuk menerima santunan ke DPKP3 dengan syarat melampirkan surat keterangan dari kepolisian.

"Itu memang bukan posisi tempat parkir, tapi ya ini kemanusiaan makanya perlu dilapirkan surat keterangan dari kepolisian, cuma kita juga tidak bisa maksimal, hanya santunan," demikian Roslina.

Baca juga: Puluhan rumah di Cicalengka Bandung rusak diterpa angin kencang

Baca juga: Pohon tumbang timpa dua rumah warga di Parongpong Bandung Barat

Baca juga: Hujan angin kencang sebabkan rumah rusak dan pohon tumbang di Bandung

Baca juga: Jalur Purwokerto-Bandung macet akibat pohon tumbang


 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021