Jakarta (ANTARA) - Arsenal diimbangi Slavia Praha 1-1 dalam leg pertama perempat final Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Nicolas Pepe membawa Arsenal memimpin empat menit jelang bubaran waktu normal, tetapi tim tamu membalas tepat di pengujung injury time melalui Tomas Holes, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu memberi bekal positif bagi Slavia yang selanjutnya akan menjamu Arsenal di Stadion Sinobo, Praha, Republik Ceko, untuk leg kedua pada Kamis (15/4) pekan depan.

Baca juga: Bek Arsenal Kieran Tierney dipastikan absen enam pekan akibat cedera

Arsenal memegang kendali penuh sepanjang babak pertama tetapi gagal memperoleh keunggulan setelah membuang sedikitnya lima peluang bagus.

Enam menit jelang turun minum, Cedric Soares mengirim umpan silang matang kepada Rob Holding yang berdiri di hadapan gawang, tetapi sundulan bek tengah Arsenal itu bisa diantisipasi sempurna oleh kiper Ondrej Kolar.

Dua menit memasuki babak kedua, Bukayo Saka dijatuhkan oleh David Zima di dalam kotak penalti Slavia, tetapi wasit Andreas Ekberg menyatakan pelanggaran itu lebih dulu terjadi luar area terlarang.

Hasil tendangan bebas itu dieksekusi dengan baik oleh Willian melewati pagar hidup Slavia, tetapi bola masih menyerempet bagian luar tiang gawang.

Slavia perlahan bisa keluar dari tekanan Arsenal dan menciptakan peluang bagus pada menit ke-58, sayang tembakan Jan Boril yang berbelok setelah membentur Hector Bellerin bisa disambut oleh reaksi sigap kiper Bernd Leno yang menghalau bola dengan kakinya.

Baca juga: Hasil undian Liga Europa: MU bertemu Granada, Arsenal hadapi Slavia
Baca juga: Arsenal pantau Nabil Fekir untuk jadi alternatif Martin Odegaard


Empat menit berselang, keberuntungan kembali berpaling dari Arsenal ketika Alexandre Lacazette memperoleh bola liar sendirian dari tengah lapangan dan merangsek ke pertahanan Slavia hingga menaklukkan Kolar, tetapi tembakannya malah ditolak oleh mistar gawang.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-86 saat Pepe dengan tenang memperdaya Kolar setelah menerima umpan Pierre-Emerick Aubameyang demi menyarangkan bola ke area tiang jauh demi membuka keunggulan Arsenal.

Ironisnya gol tersebut justru melecut semangat juang para pemain Slavia dan Leno dipaksa bersusah payah menepis tembakan berbahaya yang dilepaskan Lukas Provod menghasilkan sepak pojok bagi tim tamu pada menit ketiga injury time.

Sepak pojok itu mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Slavia yang berakhir dengan sundulan tajam Holes demi memaksakan skor imbang 1-1.

Baca juga: MU petik dua gol tandang penting setelah kalahkan Granada 2-0
Baca juga: Edin Dzeko dan Jordan Veretout dipastikan bugar saat Roma hadapi Ajax

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021