Kemarin, harga cabai segera turun hingga ekonomi tumbuh 8 persen

Kemarin, harga cabai segera turun hingga ekonomi tumbuh 8 persen

Ilustrasi - Penumpang kereta api. ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (8/4) mulai dari harga cabai yang akan segera turun hingga proyeksi ekonomi tumbuh hingga 8 persen pada kuartal II 2021.

  Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

  1. Kemenhub umumkan larangan operasional transportasi pada 6-17 Mei 2021

  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan Peraturan Menteri (PM) Nomor 13 tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama masa Idul Fitri 1442 H dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

  “Pengendalian transportasi tersebut dilakukan melalui larangan penggunaan atau pengoperasian sarana transportasi, untuk semua moda transportasi yaitu moda darat, laut, udara dan perkeretaapian dimulai pada tanggal 6-17 Mei 2021,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam pernyataan pers secara daring di Jakarta, Kamis.

   

  2. Pemerintah tawarkan KUR super mikro bagi alumni kartu pra kerja

  Pemerintah menyiapkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro yang bisa digunakan oleh para alumni kartu pra kerja untuk berwirausaha.

  “Para lulusan dari kartu pra kerja bisa ditawarkan untuk kredit usaha rakyat super mikro yang besarnya di bawah Rp10 juta,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja melalui Pembiayaan KUR di Jakarta, Kamis.

   

  3. Kemenkeu proyeksikan ekonomi RI kuartaI II tumbuh hingga 8 persen

  Kepala Pusat Kebijakan Makro Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Hidayat Amir memproyeksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh sekitar 7 persen sampai 8 persen pada kuartal II tahun ini karena adanya akselerasi pemulihan.

  “Kuartal II kami yakin kalau ritme dan tren perbaikan COVID-19 terus berlanjut maka pemulihan bisa diakselerasi ke pertumbuhan 7 persen sampai 8 persen,” katanya dalam webinar Indonesia Macroeconomic Update 2021 di Jakarta, Kamis.

   

  4. Kementan pastikan harga cabai segera turun

  Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi memastikan harga cabai segera turun dalam waktu dekat ini, dengan cara melakukan analisis dan berbagai perhitungan untuk menjaga stabilitas harga komoditas utama, baik dari sisi produsen maupun dari sisi konsumen.

  "Secara nasional ketersediaan pangan kita aman. Bahkan pemerintah sudah melakukan perhitungan-perhitungan sampai bulan Mei atau setelah lebaran. Tentu kewajiban kami adalah menjaga harga di tingkat produsen maupun konsumen. Dua hal ini yang kita jaga bersama jajaran Kemendag," kata Agung dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

   

  5. KAI : Tarif rapid test antigen di stasiun turun menjadi Rp85.000

  Tarif rapid test antigen di stasiun yang ditujukan untuk calon penumpang kereta api akan diturunkan dari Rp105.000 menjadi Rp85.000 yang akan mulai berlaku pada Jumat (9/4).

  "Dengan penurunan tarif ini, harapannya layanan rapid test antigen semakin terjangkau bagi penumpang, terlebih hasilnya memiliki masa berlaku yang lebih panjang dibanding pemeriksaan GeNose," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Kamis.

   

   

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KAI Daop 3 Cirebon berikan sembako untuk 100 porter

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar