KPK tambah delapan pegawai dari kepolisian perkuat penindakan

KPK tambah delapan pegawai dari kepolisian perkuat penindakan

Ketua KPK Firli Bahuri (tengah) saat melantik delapan pegawai yang berasal dari Polri di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (9/4/2021). ANTARA/Humas KPK.

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menambah delapan pegawai yang bersumber dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk memperkuat jajaran Kedeputian Penindakan.

"KPK kembali menambah delapan personel dari unsur kepolisian untuk memperkuat jajaran Kedeputian Penindakan terdiri dari dua orang penyelidik dan enam orang penyidik," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Anggota DPR apresiasi ketegasan KPK pecat pegawai curi barang bukti

Baca juga: Firli pastikan 1 Juni semua pegawai KPK beralih status jadi ASN


Ketua KPK Firli Bahuri juga telah melantik delapan orang tersebut di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, mereka telah mengikuti serangkaian seleksi oleh pihak ketiga yang independen, pendidikan pembentukan penyidik KPK pada 15 Februari-3 Maret 2021, dan induksi pegawai baru pada 15-19 Maret 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Edukasi Antikorupsi KPK.

Pada Rabu (24/2), Firli juga telah melantik 11 Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang bersumber dari Kejaksaan Agung (Kejagung).

Diketahui, KPK mendapatkan tambahan 19 pegawai yang bersumber dari Kejagung 11 orang dan Polri delapan orang setelah melalui proses seleksi untuk memperkuat bidang penindakan KPK baik Direktorat Penyelidikan, Penyidikan, dan Penuntutan.

19 pegawai tersebut sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi setelah melalui tahapan proses seleksi administrasi, potensi, asesmen, Bahasa Inggris, dan kesehatan yang dilaksanakan oleh pihak ketiga yang independen dan tahap akhir berupa wawancara dengan struktural penindakan dan pimpinan KPK.

Baca juga: Pegawai KPK jalani asesmen wawasan kebangsaan proses alih status ASN

Baca juga: KPK dapatkan tambahan 19 pegawai perkuat bidang penindakan

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

30 Menit - Kepala BKN buka-bukaan tentang TWK KPK - bagian 4

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar