Pertemuan pertama kelompok kerja direncanakan untuk dilakukan segera pada tahun ini
Jakarta (ANTARA) - Indonesia dan Tiongkok sepakat  meningkatkan kerja sama perdagangan, yang salah satunya dilakukan dengan pembentukan kelompok kerja peningkatan kelancaran perdagangan (working group on promotion of smooth trade/WGPST). Hal tersebut disepakati saat Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri Perdagangan Tiongkok Wang Wentao melakukan pertemuan bilateral secara virtual untuk membahas beberapa isu perdagangan yang menjadi kepentingan bersama di antaranya terkait ekspor produk unggulan Indonesia ke RRT.

“Pertemuan bilateral Indonesia dan Tiongkok ini membahas beberapa upaya peningkatan perdagangan dan langkah-langkah untuk mempererat kerja sama perdagangan kedua negara. Langkah konkret dari upaya tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatanganan terms of reference (TOR) pembentukan WGPST,” kata Mendag lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Jumat.

Penandatangan TOR tersebut dilakukan oleh Plt Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI Kasan dan Direktur Jenderal Departemen Asia Kementerian Perdagangan Tiongkok Peng Gang.

Pertemuan pertama kelompok kerja direncanakan untuk dilakukan segera pada tahun ini.

WGPST merupakan forum kerja sama bilateral antara Indonesia dan Tiongkok yang bertujuan untuk mempererat hubungan kemitraan strategis kedua negara di bidang perdagangan.

Secara struktur, WGPST berada di bawah kerangka forum High Level Economic Dialogue yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, total perdagangan kedua negara pada 2020 tercatat sebesar 71,41 miliar dolar AS. Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke Tiongkok tercatat sebesar 31,78 miliar dolar AS dan impor Indonesia dari Tiongkok sebesar 39,63 miliar dolar AS.

Baca juga: Kemendag bidik peningkatan ekspor RI ke Tiongkok
Baca juga: Mendag saksikan penandatanganan LOI senilai Rp20 triliun dengan RRT
Baca juga: Mendag: Target ekspor RI-RRT akan ditingkatkan tiga kali lipat


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021