Upaya membangkitkan UMKM harus bersinergi dengan program lain, salah satunya memanfaatkan teknologi digital yang bisa membantu tumbuh kembangnya usaha mereka.
Garut (ANTARA) - Anggota Komisi XI DPR RI Siti Muufattahah terus mendorong pemerintah pusat dalam penggunaan anggaran 2021 untuk membangkitkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kami sudah mendorong berbagai macam anggaran agar ekonomi bisa bangkit, baik itu dukungan untuk vaksin maupun untuk UMKM," kata Siti Muufattahah saat menghadiri Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) Tahun 2021 di Pendopo Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (9/4).

Ia menuturkan bahwa Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perbankan, dan perekonomian mendorong berbagai macam anggaran agar ekonomi di Indonesia bisa bangkit.

"Saya dari Komisi XI kebetulan adalah komisi yang berkaitan dengan keuangan dan perbankan serta perekonomian. Maka fokus kami adalah ekonomi harus bangkit pada tahun ini," kata politikus Partai Demokrat itu.

Siti mendukung Kabupaten Garut menjadi pionir berdirinya UMKM dan menjadi percontohan bagi UMKM secara nasional agar bisa bangkit.

Baca juga: Ekonom sarankan hasil sitaan KPK untuk bantu UMKM

"Saya pribadi sangat mendukung bagaimana Kabupaten Garut menjadi percontohan untuk UMKM nasional, bahwa Garut adalah tempat yang menjadi pionir berdirinya UMKM yang potensial," katanya.

Ia berharap upaya mendorong pertumbuhan UMKM di Garut, seluruh Indonesia pada umumnya, mendapat dukungan dari semua pihak sehingga bisa berjalan maksimal sesuai dengan harapan bersama.

"Mohon dukungannya dari semuanya agar UMKM di Kabupaten Garut, khususnya Jawa Barat keseluruhannya, bisa lebih maksimal, bisa menjadi juara, sesuai dengan ikonnya UMKM Juara," katanya.

Upaya membangkitkan UMKM, menurut dia, harus bersinergi dengan program lain, salah satunya memanfaatkan teknologi digital yang bisa membantu tumbuh kembangnya UMKM.

"Ke depannya kita harus terus bersinergi, digital wajib kita gaungkan di seluruh pelosok Jawa Barat karena digital ini sangat membantu sekali untuk memaksimalkan pencapaian UMKM Juara," kata Siti.

Baca juga: Mendag lepas ekspor perdana produk UMKM HIPMI

Pewarta: Feri Purnama
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021