Liga Prancis

Lille perlebar jarak keunggulan di puncak selepas tundukkan Metz

Lille perlebar jarak keunggulan di puncak selepas tundukkan Metz

Penyerang Lille Burak Yilmaz merayakan golnya ke gawang Metz dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Saint-Symphorien, Metz, Prancis, Jumat (9/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Jean-Christophe Verhaegen)

Jakarta (ANTARA) - Lille memperlebar jarak keunggulan di puncak klasemen Liga Prancis seusai menundukkan Metz 2-0 dalam lawatan ke Stadion Saint-Symphorien untuk laga pekan ke-32 pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Burak Yimlaz dan Zeki Celik mencetak gol-gol kemenangan yang membuat Lille semakin mantap di puncak klasemen Liga Prancis dengan koleksi 69 poin atau unggul enam poin atas pesaing terdekat Paris Saint-Germain yang baru bermain sehari berselang.

Sedangkan Metz, yang menelan tiga kekalahan beruntun, melorot ke urutan ke-10 karena kalah selisih gol dari OGC Nice meski sama-sama mengoleksi 42 poin, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Baca juga: Lille tundukkan PSG dalam laga perebutan puncak klasemen

Metz memasuki laga dengan agresif sayang peluang awal mereka melalui Farid Boulaya masih bisa diamankan kiper Mike Maignan, sedangkan sepakan Pape Sarr melenceng dari sasaran.

Tuan rumah bahkan memperoleh kesempatan emas untuk membuka keunggulan setelah mendapat hadiah tendangan penalti pada menit ke-13 lantaran pelanggaran handball Jose Fonte di dalam area terlarang.

Namun, Aaron Leya Iseka yang menjadi algojo mendapati arah eksekusi penaltinya bisa ditebak dan dihentikan sempurna oleh Maignan.

Lille baru mulai menemukan ritme permainan terbaik mereka setelah setengah jam berlalu, tetapi tembakan jarak jauh Jonathan Ikone masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-40 Celik hampir membuka keunggulan Lille tetapi spekulasi jarak jauhnya masih bisa diamankan kiper Alexandre Oukidja, empat menit berselang peluang lain dari sundulan Boubakary Soumare juga digagalkan oleh Oukidja.

Baca juga: Pochettino akui kekalahan kontra Lille persulit PSG pertahankan gelar

Setelah turun minum dalam keadaan nirgol, Lille memasuki babak kedua dengan intensitas menyerang lebih tinggi sayang sundulan Benjamin Andre masih mampu diamankan Oukidja.

Pada menit ke-60, Lille akhirnya memecahkan kebuntuan untuk memimpin atas Metz setelah Yilmaz mengonversi umpan kiriman Renato Sanches dengan sepakan keras ke pojok kanan atas gawang tuan rumah.

Metz berusaha membalas melalui sepakan jarak jauh Papa Ndiaga Yade yang sayangnya masih bisa dimentahkan oleh Maignan.

Semenit jelang bubaran waktu normal, Celik mengunci kemenangan Lille menjadi 2-0 saat menuntaskan situasi sepak pojok dengan tembakan menyilang demi menaklukkan Oukidja.

Di pertandingan selanjutnya, Lille akan menjamu Montpellier di Stadion Pierre-Mauroy pada Jumat (16/4) pekan depan, sedangkan Metz dua hari berselang bertandang ke markas Reims.

Baca juga: Liga Prancis skors Neymar dua laga setelah ribut dengan bek Lille

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar