Di tengah perkembangan teknologi industri sekarang ini, pelatihan bisnis online harus sering diadakan untuk terus meningkatkan kapasitas UMKM di Kabupaten Sleman.
Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Danang Maharsa menilai pelatihan bisnis online perlu sering diadakan untuk meningkatkan kapasitas para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengembangkan usaha.

"Di tengah perkembangan teknologi industri sekarang ini, pelatihan bisnis online harus sering diadakan untuk terus meningkatkan kapasitas UMKM di Kabupaten Sleman," kata Danang Maharsa saat membuka pelatihan Bisnis Online bersama Karang Taruna Pandawa di Balai Kelurahan Pandowoharjo, Sleman, Sabtu.

Ia berharap peserta yang hadir dapat memanfaatkan pelatihan tersebut sebaik mungkin agar mampu memasarkan sendiri produknya secara online.

Baca juga: Riset: Transformasi digital UMKM perlu edukasi dan pendampingan

"Terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti ini, kebanyakan orang belanja secara online untuk menghindari kontak langsung," katanya.

Lurah Pandowoharjo Catur Sarjumiharta mengatakan tujuan kegiatan ini yakni memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam pengembangan bisnis, terutama pemasaran dengan menggunakan teknologi informasi atau digital marketing.

Pelatihan bisnis online tersebut diikuti oleh 100 peserta warga Pandowoharjo dari semua kalangan usia.

"Dari yang tua hingga muda, antusias masyarakat Pandowoharjo sangat tinggi untuk mewujudkan Kelurahan Pandowoharjo yang mandiri." katanya.

Baca juga: BSI gandeng Bukalapak dorong digitalisasi penjualan UMKM

Selanjutnya, para peserta pelatihan bisnis online tersebut juga disediakan tempat bagi yang ingin memasarkan produknya usai mengikuti pelatihan tersebut.

"Disediakan tempat bagi warga yang ingin memasarkan produk di Taman Pandowoharjo seluas empat hektare yang sedang kami bangun," katanya.
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021