Reaksi dunia atas kematian Pangeran Philip dari Inggris

Reaksi dunia atas kematian Pangeran Philip dari Inggris

Arsip Foto: Ratu Inggris Elizabeth didampingi suaminya Pangeran Philip menghadiri pembukaan masa sidang anggota Parlemen di London, inggris (9/5/2012). ANTARA FOTO/REUTERS/Oli Scarff/POOL/wsj.

London (ANTARA) - Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth dan tokoh terkemuka dalam keluarga kerajaan Inggris selama hampir tujuh dekade, meninggal dunia pada usia 99 tahun, kata Istana Buckingham pada hari Jumat (9/4).

Berikut adalah reaksi dari tokoh masyarakat besar di Inggris dan di seluruh dunia.


Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

"Kami mengingat Duke ... di atas segalanya atas dukungannya yang teguh untuk Yang Mulia Ratu, tidak hanya sebagai pendampingnya, di sisinya, setiap hari dalam pemerintahannya, tetapi sebagai suaminya, memiliki kekuatan lebih dari 70 tahun."

"Seperti saat menjadi ahli mengemudi kereta kuda, dia membantu mengarahkan keluarga kerajaan dan monarki sehingga tetap menjadi institusi yang tak terbantahkan bagi keseimbangan dan kebahagiaan kehidupan nasional kita."
 

Presiden AS Joe Biden

"Selama 99 tahun hidupnya, dia melihat dunia kita berubah secara dramatis dan berulang kali. Dari pengabdiannya selama Perang Dunia II, hingga 73 tahun bersama Ratu, dan seluruh hidupnya di mata publik. Pangeran Philip dengan senang hati mendedikasikan dirinya kepada orang-orang Inggris, Persemakmuran, dan keluarganya. Dampak dari puluhan tahun pelayanan publiknya yang setia terbukti dalam tujuan-tujuan yang dia angkat sebagai pelindung, dalam upaya lingkungan yang dia perjuangkan, anggota Angkatan Bersenjata yang dia dukung, orang-orang muda yang dia inspirasi, dan banyak lagi. Warisannya akan hidup tidak hanya melalui keluarganya, tetapi dalam semua upaya amal yang dia bentuk. Anak-anak, cucu, dan cicit Ratu dan Pangeran Philip ada di hati saya dan Jill."
 

Kanselir Jerman Angela Merkel

"Kematian Pangeran Philip membuat saya sangat sedih. Persahabatannya dengan Jerman, sikapnya yang terus terang dan teguh menjalankan tugas tidak akan terlupakan."


Presiden Perancis Emmanuel Macron

Pangeran Philip "menjalani hidup dengan menunjukkan teladan soal keberanian, teguh menjalankan tugas, dan komitmen terhadap pemuda dan lingkungan".
 

Perdana Menteri India Narendra Modi

"Dia memiliki karier yang cemerlang di militer dan berada di garis depan serta prakarsa pengabdian masyarakat. Semoga jiwanya beristirahat dengan damai."


Perdana Menteri Pakistan Imran Khan

"Inggris telah kehilangan sosok senior yang bijak dan memiliki jiwa unik untuk melayani publik. Perannya dalam memajukan hubungan Pakistan-Inggris akan selalu dikenang."


Raja Spanyol Felipe dan Ratu Letizia

"Kami tidak akan pernah melupakan saat-saat bersama beliau dan warisan layanan dan dedikasinya kepada pemimpin kerajaan dan Inggris Raya."

 
Perdana Menteri Irlandia Michael Martin

"Sedih mendengar HRH Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, wafat. Doa kami untuk Ratu Elizabeth dan rakyat Inggris."


Ketua DPR AS Nancy Pelosi

"Kongres AS menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Pangeran Philip, yang selama hidupnya menjunjung etika pengabdian yang penuh inspirasi."


Mantan Presiden AS Donald Trump

"Ini adalah kehilangan sangat besar bagi Inggris Raya, dan untuk semua yang memegang teguh peradaban kita. Pangeran Philip menunjukkan martabat dan keanggunan Inggris. Dia menggambarkan ketenangan, ketabahan yang teguh, dan integritas Kerajaan Inggris yang tak tergoyahkan."
 

Mantan Presiden AS George W. Bush

"Sepanjang hidupnya yang panjang dan luar biasa, dia mengabdikan dirinya untuk tujuan yang layak dan untuk orang lain. Dia mewakili Inggris dengan bermartabat dan membawa kekuatan dan dukungan yang tak terbatas kepada bangsa."


Mantan Presiden AS Barack Obama

"Di sisi Ratu, Pangeran Philip menunjukkan kepada dunia apa artinya menjadi suami yang mendukung seorang wanita yang kuat. Namun dia juga menemukan cara untuk memimpin tanpa menuntut sorotan, bertugas dalam pertempuran di Dunia Perang II, memimpin fregat di Royal Navy, dan tanpa lelah berkeliling dunia untuk memperjuangkan industri dan keunggulan Inggris. Melalui teladannya yang luar biasa, dia membuktikan bahwa kemitraan sejati memiliki ruang untuk ambisi dan tanpa pamrih dalam melayani sesuatu yang lebih besar."


Uskup Agung Canterbury Justin Welby

"Pada kesempatan ketika saya bertemu dengannya, saya selalu terpesona oleh kegembiraannya yang nyata dalam hidup, yang kerap mengajukan pertanyaan, dan kemampuannya untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Dia adalah ahli dalam membuat orang merasa nyaman dan menyenangkan."


Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair

"Dia secara alami akan paling dikenal sebagai seseorang yang mendukung Ratu secara luar biasa dan teguh selama bertahun-tahun. Namun, dia juga harus dikenang sebagai orang yang memiliki pandangan ke depan, tekad, dan keberanian."


Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

"Pangeran Philip adalah orang yang memiliki tujuan dan keyakinan besar, yang dimotivasi oleh rasa tanggung jawab kepada orang lain."


Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern

"Pangeran Philip akan dikenang karena dorongan yang dia berikan kepada begitu banyak pemuda Selandia Baru melalui Penghargaan Hillary Duke of Edinburgh. Selama lebih dari lima puluh tahun Penghargaan di Selandia Baru, ribuan anak muda telah menyelesaikan tantangan yang mengubah hidup melalui program ini."


Perdana Menteri Belanda Market Rutte

"Kami berbelasungkawa kepada Keluarga Kerajaan Inggris dan rakyat Inggris yang berkabung saat ini."


Raja Norwegia Harald

"Turut berduka cita kepada Ratu Elizabeth dan seluruh keluarganya. Kami juga menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Inggris."


Raja Swedia Carl XVI Gustaf

"Pangeran Philip telah menjadi teman baik keluarga kami selama bertahun-tahun, hubungan yang sangat kami hargai. Pengabdiannya kepada negaranya akan selalu menjadi inspirasi bagi kami semua."


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

"Pangeran Philip adalah pelayana masyarakat yang sempurna dan akan sangat dirindukan di Israel dan di seluruh dunia."


Presiden Nigeria Muhammadu Buhari

"Kepergian Duke of Edinburgh adalah akhir dari sebuah era. Pangeran Philip adalah salah satu tokoh internasional terbesar dan dikenal publik yang kontribusinya kepada Persemakmuran akan dikenang selama beberapa generasi mendatang."


Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa

"Semoga jiwanya beristirahat dalam kedamaian abadi."


Sultan Oman Haitham

"Yang Mulia Sultan mengirimkan pesan belasungkawa dan simpati kepada Yang Mulia Ratu Elizabeth II ... atas kematian suaminya."


Raja Bahrain Hamad Bin Isa Al Khalifa

"Raja Hamad memuji upaya mendiang Pangeran Philip dalam melayani Inggris dan rakyatnya yang ramah."


Keluarga Istana Belgia

"Kami ingin menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada Yang Mulia Ratu, Keluarga Kerajaan Inggris, dan rakyat Inggris Raya. Philippe dan Mathilde."


Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres

"Dia dikenal karena dedikasinya untuk tujuan amal sebagai pelindung sekitar 800 organisasi, khususnya yang berfokus pada lingkungan, industri, olahraga, dan pendidikan."


Perdana Menteri Jamaika Andrew Holness

"Pangeran Phillip benar-benar teman Jamaika yang mendukung upaya lokal yang bertujuan untuk pembangunan, terutama dalam pendidikan, dan sangat mengagumi kehebatan olahraga kita. Pangeran Phillip akan dikenang karena minatnya yang besar pada penelitian ilmiah dan teknologi serta komitmennya terhadap perlindungan lingkungan. Semoga jiwanya beristirahat dalam damai."

Sumber : Reuters

Baca juga: Tak akan ada upacara kenegaraan untuk pemakaman Pangeran Philip

Baca juga: Pangeran Harry diperkirakan pulang kampung hadiri pemakaman kakeknya


​​​​​​​

Windsor terbangun di pagi hari setelah berita kematian Pangeran Philip

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar