BMKG sebut gempa di Kabupaten Malang sebabkan kerusakan sejumlah rumah

BMKG sebut gempa di Kabupaten Malang sebabkan kerusakan sejumlah rumah

Warga menyaksikan rumah yang rusak akibat gempa di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). Gempa berkekuatan kurang lebih magnitudo (m) 6,7 yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang tersebut menyebabkan sejumlah rumah warga rusak dan goncangan di sejumlah wilayah di Jawa Timur. ANTARA FOTO/STR/SA/aww.

ada laporan beberapa rumah retak di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang dan di Lumajang
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Malang menyatakan gempa magnitudo 6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, menyebabkan sejumlah rumah di wilayah tersebut mengalami kerusakan.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika Stasiun Geofisika Malang, Ma’muri mengatakan, pihaknya telah menerima beberapa laporan dari masyarakat terkait adanya kerusakan akibat gempa yang terjadi di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang, tersebut.

“Sementara ini kami masih mendata informasi, ada laporan beberapa rumah retak di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang dan di Lumajang,” kata Ma’muri, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Baca juga: Warga panik akibat gempa bumi guncang Kabupaten Malang

Baca juga: Getaran gempa di Malang terasa hingga Yogyakarta


Ma’muri mengatakan bahwa informasi yang diterima BMKG Stasiun Geofisika Malang tersebut, akan dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang.

“Informasi tersebut kami koordinasikan dengan BPBD Kabupaten Malang, terkait kerusakan yang terjadi,” kata Ma’muri.

Ma’muri menambahkan gempa dengan magnitudo 6,7 tersebut terjadi pada kedalaman 25 kilometer. Gempa tersebut masuk dalam kategori gempa dangkal, namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Baca juga: BMKG: Gempa di barat daya Malang akibat adanya aktivitas subduksi

Baca juga: Gempa M6,7 picu guncangan sedang hingga kuat di Jatim


“Ini termasuk gempa dangkal, karena sedalam 25 kilometer. Dengan magnitudo di bawah tujuh, tidak berpotensi tsunami,” kata Ma’muri.

Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan kekuatan 6,7 magnitudo, pada Sabtu pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa bumi terjadi di 90 kilometer barat data Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan kedalaman 25 kilometer.

Gempa terjadi pada koordinat 8.95 Lintang Selatan (LS), 112.48 Bujur Timur (BT), tersebut terjadi selama 37 detik. BMKG menyatakan bahwa gempa bumi yang juga dirasakan di beberapa wilayah lain di Jawa Timur tersebut, tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa bumi 6,7 SR guncang Kabupaten Malang

Baca juga: BMKG: Gempa magnitudo 6,7 di barat daya Malang


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BPBD Pandeglang imbau warga tak panik soal informasi gempa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar