Siapa pun yang masuk sini harus pakai masker
Jakarta (ANTARA) - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa, Jakarta Timur, ramai didatangi oleh para peziarah menjelang bulan suci Ramadhan tahun ini.

Kepala TPU Pondok Kelapa Efendi di lokasi, Sabtu, mengatakan bahwa para peziarah sudah mulai berdatangan sejak awal April atau bertepatan dengan libur Hari Paskah.

"Mulai ramai semenjak Paskah kemarin sampai sekarang antusias orang lumayan tapi berkurang dibandingkan sebelum pandemi," kata Efendi.

Efendi mengatakan bahwa TPU Pondok Kelapa tahun ini mengizinkan warga untuk melakukan ziarah jelang bulan Ramadhan.

Baca juga: Peziarah TPU Pondok Kelapa dibatasi maksimal lima orang

Menurut dia, kondisi itu berbeda dibandingkan tahun sebelumnya ketika awal pandemi COVID-19 karena saat itu tidak ada kegiatan ziarah makam jelang Ramadhan di TPU Pondok Kelapa.

"Tahun lalu tidak ada. Kita tutup untuk peziarah, hanya melakukan pemakaman. Sekarang boleh, tapi dibatasi. Kalau kita mau larang, juga enggak mungkin karena sudah jadi budaya," ujarnya.

Meski kegiatan ziarah diizinkan, Efendi mengatakan bahwa pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat.

"Imbauannya jangan berkerumun dan wajib memakai masker. Di depan gerbang dicegat kalau tidak pakai masker, tidak boleh masuk. Siapa pun yang masuk sini harus pakai masker," imbuhnya.

Baca juga: Peziarah makam TPU Pondok Kelapa meningkat 80 persen saat Natal

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021