Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Persija Jakarta maju ke semifinal turnamen Piala Menpora 2021 setelah mengalahkan Barito Putera dengan kemenangan tipis 1-0 pada pertandingan perempat final di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Gol kemenangan Persija Jakarta dicetak oleh penyerang tim Macan Kemayoran, Marko Simic, pada menit ke-61.

Pada menit awal, para pemain Barito Putera langsung tampil menyerang. Tercatat sudah ada satu tendangan yang mengarah ke gawang Persija Jakarta pada menit pertama. Persija Jakarta juga tidak tinggal diam, dan berupaya membalas serangan tersebut.

Pada menit awal tersebut, salah seorang pemain Barito Putera harus ditandu ke luar lapangan karena mengalami cedera yang cukup serius. Amiruddin Bagas Kaffa Arrisqi yang mengalami cedera ditarik keluar, digantikan Nazar Nurzaidin.

Permainan berjalan dengan tensi cukup tinggi. Kedua tim berusaha untuk saling menyerang dan berusaha unggul pada menit-menit awal pertandingan. Kedua tim berupaya untuk membuat peluang, namun belum mampu membahayakan gawang dari masing-masing tim lawan.

Pada menit ke-15, Osvaldo Haay mendapatkan peluang cukup baik. Namun, tendangan keras pemain Persija Jakarta itu masih mampu diamankan oleh penjaga gawang Barito Putera Muhammad Riyandi.

Tidak lama berselang, pemain Barito Putera juga membuka peluang, namun tendangannya masih sedikit melebar di sisi kiri Persija Jakarta.

Baca juga: Persija waspadai permainan cepat pemain muda Barito Putera

Hingga menit ke-20, belum ada gol yang tercipta untuk kedua tim. Pada menit tersebut, Barito Putera kembali melakukan pergantian pemain Kahar masuk menggantikan Bissa Donald karena mengalami cedera.

Permainan berlangsung dengan tempo sangat tinggi. Kedua tim saling serang, dengan sesekali peluang tercipta. Namun, kedua tim belum mampu membuat gol hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, tempo permainan tidak berubah dari babak pertama. Riko Simanjuntak masuk menggantikan Nico Saputra.

Kedua tim saling menyerang untuk mendapatkan peluang mencetak gol. Akhirnya, pada menit ke-61 Persija Jakarta mampu merobek gawang Barito Putera yang dikawal Muhammad Riyandi.

Baca juga: Barito Putera bakal redam permainan Riko-Osvaldo Haay

Gol tersebut bermula dari bola yang mampu dikejar oleh Riko Simanjuntak dari sisi kiri pertahanan Barito Putera. Riko memberikan umpan matang kepada Marko Simic, yang mampu mengeksekusi umpan tersebut dengan baik dan membuat Persija Jakarta unggul 1-0.

Permainan berlangsung dengan tempo tinggi. Persija Jakarta berusaha untuk menguasai permainan. Namun, para pemain Barito Putera juga berjibaku untuk membuat serangan balasan.

Beberapa peluang tercipta baik dari kubu Persija Jakarta maupun Barito Putera. Barito Putera yang berusaha untuk menyamakan kedudukan, beberapa kali sempat mendapatkan peluang, namun tidak mampu dikonversi menjadi sebuah gol.

Sementara Persija Jakarta, juga terlihat ingin untuk memperbesar kemenangan. Pada menit-menit akhir babak kedua, ada satu peluang emas yang tercipta. Namun, peluang itu belum mampu dijadikan sebuah gol.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Steven Yubel Poli, kedudukan tidak berubah, 1-0 untuk kemenangan Macan Kemayoran.

Baca juga: Perempat final Piala Menpora tetap berlangsung tidak terpengaruh gempa

Susunan pemain:

Persija Jakarta - Andritany Ardhyasa, Rezaldi Hehanusa, Marco Motta, Tony Sucipto, Marc Klok, Osvaldo Haay, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Sandi Darman Sute, Nico Saputra, dan Marko Simic.
Pelatih: Sudirman

Barito Putera - Muhammad Riyandi, Cassio Fransisco De Jesus, Muhammad Rifky Suryawan, Abrizal Umanailo, Alif Jaelani, Bayu Pradana Andriatmoko, Luthfi Kamal, Muhammad Firli, Rizky Rizaldi Pora, Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi, dan Bisaa Donald.
Pelatih: Djajang Nurjaman

Baca juga: PSM ke semifinal setelah menang adu penalti 4-2 lawan PSIS
Baca juga: Perempat final, Pelatih Persib paham betul kekuatan Persebaya
Baca juga: Jadwal perempat final Piala Menpora: Persib bertemu Persebaya

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021