Kapolri pastikan Kejuaran BMX Internasional 2021 terapkan prokes ketat

Kapolri pastikan Kejuaran BMX Internasional 2021 terapkan prokes ketat

Para pemenang memperlihatkan tropi Kejuaraan BMX Internasional 2021 seri 1 di Jogjakarta, Sabtu (10/4/2021). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri.

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan Kejuaraan BMX Internasional 2021 di Yogyakarta dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, Kapolri yang juga Ketua Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) telah bersinergi dengan Satgas COVID-19 agar pelaksanaan kejuaraan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Setelah kurang lebih satu tahun tidak ada berbagai macam even yang digelar, diharapkan dengan diadakannya even kualifikasi di Yogyakarta ini bisa mendapatkan atlet BMX Indonesia yang bisa berlaga di Olimpiade Tokyo 2021," kata Sigit.

Pelaksanaan kejuaraan ini mewajibkan para peserta dan panitia untuk swab antigen saat memasuki arena, dan wajib memakai masker juga hand sanitizer.

Menurut Sigit, penerapan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan kejuaraan balap sepeda tersebut menjadi contoh untuk kejuaraan-kejuaraan olahraga lainnya yang mungkin akan dilaksanakan di masa pandemi COVID-19 ini.

Sigit berharap Kejuaraan BMX Internasional 2021 bisa membawa prestasi olahraga balap sepeda lebih baik lagi ke depan serta bisa memperlancar dan mempermudah semua proses menggelar acara kualifikasi dunia di Yogyakarta.

Baca juga: PB ISSI harapkan izin gelar seri kejuaraan internasional BMX di Yogya

Kapolri sebelumnya memberikan izin penyelenggaraan kegiatan olahraga di masa pandemi, di antaranya Kejuaraan Sepakbola Piala Menpora 2021 dan pertandingan uji coba Tim Nasional U-22.

Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo sebelumnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) periode 2021-2025 dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Jakarta, Sabtu (3/4).

Sigit berkomitmen melanjutkan program pengurus PB ISSI sebelumnya, yakni terkait program strategis yang meliputi peningkatan kualitas pelatih, wasit, penyelenggara event, sarana serta prasarana venue.

Indonesia dijadwalkan menggelar dua seri kejuaraan internasional BMX di D.I Yogyakarta pada 10-11 April.

Berdasarkan kalender yang dirilis Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI) melalui laman resminya, dua seri tersebut merupakan kejuaraan berkategori Class One (C1).

Selain dua seri kejuaraan yang merupakan event kualifikasi Olimpiade Tokyo itu, Indonesia juga menggelar kejuaraan nasional balap sepeda pada 9 April.

Untuk kejuaraan Minggu (11/4) digelar perlombaan sepeda kategori kelas men/women elite dan men/women junior.

Setelah kemarin Jumat (9/4) dilaksanakan Kejurnas BMX 2021, hari ini dilangsungkan Kejuaraan BMX Internasional seri 1 dengan berbagai kategori kelas diikuti peserta sebanyak 43 orang.

Baca juga: Bagus Saputra juarai Kejurnas BMX 2021 di Yogyakarta

Berikut daftar para pemenang Kejuaraan BMX International 2021 seri 1 :

Women junior :
1. Jasmine Azzahra, ISSI Sumsel
2. Rosida Stelina, Temanggung BMX Academy, Hopbit Indonesia, Staats BMX Sister, Nurwasito Foundations
3. Amellya Nur Sifa, ISSI Jawa Tengah, Hopbit Racing, V3 Bike Shop, TBA

Women elite :
1. Wiji Lestari, GGMM Thrill Factory Racing Berlian Food BCT BMX Racing
2. Cupi Nopianti, ISSI Kab. Ciamis
3. Tifania Adine, Thrill Factory Racing

Men Junior :
1. Aditya Fajar, Boston 45
2. Fandi Jolata, GGMM Wirojoyo SF Eathouse Jersey Trijaya Mebel Wedding Salsabila Jatim
3. Muhammad Alfauzan, BBC Nurwasito Foundation

Men Elite :
1. Firman Chandra Alim, UNITED Bike Kencana
2. Yussi Wakhidur Rizal, GGMM Rojokoyo Extreme Eathouse Jersey Jatim
3. M. Tegar Allam Tsany, YCBMX Torsion psp MrHeriPhillips Jogja.

Baca juga: Kapolri Listyo Sigit tidak langgar aturan rangkap jabatan

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar