Piala Menpora 2021

Pelatih: Pemain pengganti Riko Simanjuntak kunci kemenangan Persija

Pelatih: Pemain pengganti Riko Simanjuntak kunci kemenangan Persija

Pesepak bola Persija Jakarta melakukan selebrasi usai mengalahkan Barito Putera dalam Babak Perempat Final Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww. (ARI BOWO SUCIPTO/ARI BOWO SUCIPTO)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemain Persija Riko Simanjuntak yang baru masuk pada babak kedua pertandingan perempat final turnamen pramusim Piala Menpora 2021 melawan Barito Putera dinilai pelatih menjadi kunci dalam kemenangan tim Macan Kemayoran tersebut.

Pelatih Persija Jakarta Sudirman mengatakan masuknya Riko Simanjuntak pada babak kedua, memberikan dampak cukup besar terhadap skuad Macan Kemayoran dalam pertandingan yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu.

"Riko adalah pemain kunci kita, tapi saya sadar, dia akan lebih bagus pada saat bermain di babak kedua," kata Sudirman, dalam jumpa pers virtual setelah pertandingan usai.

Sudirman menjelaskan, permainan Macan Kemayoran pada babak pertama, bukan tidak optimal. Ada beberapa peluang yang tercipta, namun memang harus diakui bahwa peluang tersebut belum mampu dikonversi menjadi gol.

Baca juga: Persija Jakarta maju ke semifinal setelah kalahkan Barito Putera 1-0

Menurut Sudirman, masuknya Riko yang memiliki stamina bagus pada babak kedua, membuat permainan Persija Jakarta lebih tajam. Riko mampu merangsek barisan pertahanan lawan, yang pada akhirnya menjadi salah satu kreator untuk terciptanya gol kemenangan Persija.

"Babak pertama, dibilang tidak bagus, tidak juga, karena kita punya peluang," kata Sudirman.

Pemain Persija Jakarta Rohit Chand mengatakan bahwa ia puas dengan permainan Persija Jakarta yang mampu bermain kompak, hingga akhirnya membawa tim Macan Kemayoran masuk ke babak semifinal Piala Menpora 2021.

"Kita senang dengan hasil ini, permainan tim kompak secara tim, dan pada semifinal akan fokus bersama tim untuk menatap babak final," kata Chand.

Sementara itu, pelatih Barito Putera Djajang Nurdjaman mengatakan bahwa anak asuhnya telah bermain cukup baik pada pertandingan tersebut, namun, satu kesalahan dari pemain belakang membuat Riko Simanjuntak leluasa untuk memberikan umpan matang kepada Marko Simic.

"Kami pun sudah berusaha bekerja keras bisa meredam mereka untuk memenangkan pertandingan, tapi kesalahan pemain belakang sehingga Riko bisa leluasa," kata Djajang.

Baca juga: Perempat final Piala Menpora tetap berlangsung tidak terpengaruh gempa

Pemain Barito Putera Kahar menambahkan, ia dan rekan-rekannya telah melakukan perjuangan di lapangan hijau, namun, masih belum bisa meraih kemenangan. Ia berharap, akan ada perbaikan permainan pada saat Liga 1 mulai bergulir.

"Semoga ke depan lebih baik, kami sudah berjuang keras, dan melakukan yang terbaik. Semoga ke depan lebih baik," kata Kahar.

Laga perempat final Piala Menpora antara Persija Jakarta lawan Barito Putera yang berlangsung, di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, dimenangkan oleh Persija dengan skor 1-0.

Satu-satunya gol Persija Jakarta itu dicetak oleh Marko Simic, yang mampu memanfaatkan umpan matang Riko Simanjuntak. Saat itu, Riko mampu mengejar bola dari sisi kiri pertahanan Barito Putera, dan melepaskan umpan matang.

Kemenangan Macan Kemayoran ini, membawa tim tersebut melaju ke babak semifinal turnamen pramusim Piala Menpora.

Baca juga: PSM ke semifinal setelah menang adu penalti 4-2 lawan PSIS
Baca juga: PSSI berikan vaksinasi tahap kedua untuk peserta Piala Menpora
Baca juga: Supardi Nasir kembali perkuat Persib dalam perempat final


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menpora minta polisi tindak suporter Persija & Persib yang langgar aturan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar