BMKG: Potensi hujan lebat di beberapa wilayah Jawa dan Kalimantan

BMKG: Potensi hujan lebat di beberapa wilayah Jawa dan Kalimantan

Pegawai BMKG menunjukkan bagan prakiraan cuaca di Kantor BMKG di Jakarta, Kamis (9/1/2020). ANTARA/Katriana/am.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang dapat terjadi di beberapa wilayah di Indonesia termasuk di sebagian Pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan. 

Menurut informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Minggu, Siklon Tropis Seroja terpantau di Samudera Hindia bagian selatan Jawa Tengah dengan kecepatan 75 kilometer (km) per jam bergerak ke arah barat daya dan membentuk area pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi dari pesisir utara Jawa Barat hingga di pesisir selatan Jawa Tengah.

Selain itu, Siklon Tropis Odette terpantau pula di Samudera Hindia bagian barat daya Banten membentuk low level jet atau suatu area dari angin yang relatif kencang di bagian terbawah dari atmosfer. Kondisi itu menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sistem Siklon Tropis Seroja dan Odette tersebut.

Beberapa wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat dan disertai kilat atau petir dan angin kencang hari ini adalah Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Selain itu, kondisi sama berpotensi juga terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

BMKG juga memperkirakan Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Maluku juga akan mengalami hujan lebat dan disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

Area lain yang berpotensi mengalami hujan adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

BMKG juga memperingatkan potensi risiko banjir dan banjir bandang akibat hujan lebat pada hari ini sampai besok Senin (12/4), pukul 07.00 WIB, yaitu Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Utara masuk dalam kategori waspada.

Peringatan kategori waspada juga diberikan kepada Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca juga: Australia Barat siap hadapi skenario terburuk terkait siklon Seroja
Baca juga: Siklon Tropis Odette bertumbuh, waspada gelombang tinggi

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BMKG: Waspada cuaca ekstrem selama sepekan ke depan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar