Washington (ANTARA) - Mantan Presiden AS Donald Trump berusaha memosisikan dirinya sebagai dalang Partai Republik pada Sabtu (10/4), seraya mengatakan kepada para penyumbang partai bahwa dia akan membantu mereka memenangi kursi dalam pemilihan kongres 2022 tapi tidak menjelaskan apakah dia akan maju sebagai capres untuk masa jabatan kedua pada 2024.

Trump menjadi tuan rumah makan malam di Mar-a-Lago Club bagi para donor Komite Nasional Republik yang menghabiskan akhir pekan memetakan arah masa depan partai itu di Palm Beach, Florida.

"Kami berkumpul malam ini untuk membicarakan masa depan Partai Republik - dan apa yang harus kami lakukan untuk mengarahkan kandidat kami ke jalur kemenangan," kata Trump, menurut teks pidatonya yang telah disiapkan kepada kelompok yang dilihat oleh Reuters.

"Saya berdiri di hadapan Anda malam ini dengan penuh keyakinan bahwa pada 2022, kami akan mengambil kembali Dewan Perwakilan Rakyat dan kami akan merebut kembali Senat. Dan kemudian pada 2024, seorang kandidat Partai Republik akan memenangi Gedung Putih," katanya.

Trump telah menghabiskan 2,5 bulan sejak kepergiannya yang kacau dari Gedung Putih untuk mempertimbangkan permintaan kandidat pada pemilihan DPR 2022 untuk persetujuannya dan telah memberi mereka restu berdasarkan apakah kandidat itu mendukung Trump dan agendanya atau tidak.

Dia mengatakan setiap pembicaraan tentang rencananya sendiri - Konstitusi memberinya hak untuk mencari masa jabatan empat tahun lagi - harus menunggu hingga setelah pemilihan November 2022.

Sejumlah politisi lain Partai Republik sedang mempertimbangkan potensi mereka sendiri untuk mencalonkan diri sebagai presiden partai pada 2024, seperti mantan menteri luar negeri Trump, Mike Pompeo, dan Gubernur Florida Ron DeSantis.

Ketika Presiden Demokrat Joe Biden mengalahkan Trump dengan jutaan suara, Partai Republik membuat terobosan di antara pemilih tradisional Demokrat seperti Hispanik dan Afrika-Amerika.

Trump, yang menyampaikan pernyataannya dengan serangan terhadap Biden, mengatakan kunci kemenangan pada 2022 adalah membangun perolehan (suara pemilih tradisional Demokrat) itu, dengan mengatakan "Partai Republik akan berhasil dan tumbuh di masa depan dengan merangkul takdirnya sebagai juara kelas pekerja Amerika."

Peran aktif Trump dalam politik Republik meski kalah dalam pemilu 2020 tidaklah seperti mantan presiden lainnya yang cenderung mundur dari pusat perhatian setelah meninggalkan Gedung Putih.

"Pidato Sabtu itu menjadi kata-kata sambutan bagi para donor Republik yang mengunjungi Mar-a-Lago untuk mendengar langsung dari Presiden Trump. Palm Beach adalah pusat kekuatan politik baru, dan Presiden Trump adalah utusan terbaik Partai Republik," kata penasihat Trump, Jason Miller.

Sumber: Reuters
Baca juga: Partai Republik akan terus gunakan nama Trump untuk galang dana
Baca juga: Trump ikhtiar kembali jadi sorotan dengan pidato temu konservatif
Baca juga: Mantan presiden Trump kembali lolos dari pemakzulan

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021