KPU Banjarmasin sudah bentuk PPK dan PPS untuk PSU Pilkada

KPU Banjarmasin sudah bentuk PPK dan PPS untuk PSU Pilkada

KPU Kota Banjarmasin dan pejabat pemerintah kota saat berfoto bersama usai pelantikan jajaran PPK untuk PSU Pilkada Banjarmasin di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (10-4-2021). ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin

Terdapat 29.056 pemilih pada ​PSU di tiga kelurahan, Kecamatan Banjarmasin Selatan.
Banjarmasin (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sudah membentuk panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada 2020 pada 28 April 2021.

Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah di Banjarmasin, Ahad, mengatakan bahwa pihaknya sudah menjalankan perintah MK dengan membentuk PPK dan PPS yang baru. Mereka dilantik pada hari Sabtu (10/4).

Sesuai dengan amar putusan Mahkamah Konsitusi (MK) pada tanggal 22 Maret 2021, Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020 harus dilakukan PSU di tiga kelurahan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, yakni Kelurahan Mantuil, Murung Raya, dan Basirih Selatan.

Selain itu, MK memerintahkan KPU Kota Banjarmasin untuk membentuk PPK dan PPS baru, atau tidak boleh lagi melibatkan anggota PPK/PPS terdahulu.

"Jumlah anggota PPK yang dilantik lima orang, sedangkan PPS tiga orang masing-masing kelurahan," tuturnya.

Baca juga: MK putuskan PSU Pilkada Kota Banjarmasin di tiga kelurahan

Setelah mereka dilantik, akan diberikan pelatihan bimbingan teknik (bimtek) terkait dengan tugas pokok dan fungsi yang akan mereka lakukan di PSU pada tanggal 28 April 2021.

"Jadwalnya ada 2 hari, tugas mereka pertama mengikuti tahapan-tahapan bimtek untuk PPS apa tugasnya di tingkat kelurahan. Kalau PPK, apa tugas administrasi dan wewenangnya," katanya menjelaskan.

Ia menyebutkan ada 80 tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan PSU di tiga kelurahan, Kecamatan Banjarmasin Selatan dengan jumlah pemilih sebanyak 29.056 orang.

Di Kelurahan Basirih tercatat 10.604 pemilih, Kelurahan Mantuil sebanyak 9.887 pemilih, dan Kelurahan Murung Raya terdapat 8.565 pemilih.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020 diikuti empat pasangan calon, yakni paslon nomor urut 01 H. Haris Makkie-Ilham Noor, paslon nomor urut 02 H. Ibnu Sina-H. Arifin Noor, paslon nomor urut 03 H. Khairul Saleh-Habib Muhammad Ali Alhabsy, dan paslon nomor urut 04 Hj. Ananda-H. Mushaffa Zakir.

Baca juga: KPU Banjarmasin koordinasi Pemkot gelar PSU di bulan Ramadan

Pewarta: Sukarli
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ajak pemilih ke TPS, petugas KPPS kenakan kostum superhero

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar