Jakarta (ANTARA) - Newcastle United memperbesar asa menghindari degradasi selepas bangkit membekuk Burnley 2-1 dalam laga pekan ke-31 Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Minggu.

Kendati relatif menekan di awal laga, gawang Newcastle terancam lebih dulu pada menit ke-14 dan butuh penyelamatan gemilang dari kiper Martin Dubravka demi mementahkan bola tandukan Josh Brownhill.

Empat menit kemudian, Newcastle betul-betul tertinggal dari tuan rumah ketika Matej Vydra dengan dingin menyelesaikan umpan tarik Chris Wood di muka gawang tim tamu demi membuka keunggulan Burnley.

Dwight Gayle mampu menjebol gawang tuan rumah pada menit ke-34 menyelesaikan bola liar hasil tembakan tak sempurna Joelinton, tetapi gol itu segera dianulir sebab di tepi lapangan hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Baca juga: Tottenham tersandung di markas Newcastle

Keunggulan Burnley bertahan hingga turun minum dan mereka hampir menggandakannya pada menit ke-56 melalui tembakan keras Dwight McNeil yang sayangnya masih bisa ditepis secara gemilang oleh Dubravka ke atas mistar gawang.

Penyelamatan Dubravka dibayar lunas oleh rekan-rekannya pada lini depan, sebab lima menit kemudian Newcastle mampu menyamakan kedudukan melalui sepakan kencang Jacob Murphy menyambut umpan tarik Allan Saint-Maximin.

Momentum kebangkitan Newcastle berlanjut dan pada menit ke-64 giliran Saint-Maximin yang membobol gawang tuan rumah setelah ia melakukan tusukan melewati Ben Mee dan James Tarkowski sebelum melepaskan tembakan akurat demi membawa timnya berbalik memimpin 2-1 atas Burnley.

Newcastle terus berusaha menambah keunggulan tetapi peluang apik Miguel Almiron yang berusaha menyelesaikan umpan tarik Saint-Maximin masih bisa disapu oleh Tarkowski sebelum bola melewati garis gawang tepat di pengujung waktu normal.

Baca juga: Southampton bangkit dari ketertinggalan saat tundukkan Burnley 3-2

Kendati demikian, skor 2-1 bagi Newcastle bertahan hingga bubaran, membuat tim besutan Steve Bruce itu menyudahi tren buruk tujuh laga nirmenang mereka.

Walau tak beranjak dari urutan ke-17, Newcastle kini mengoleksi 32 poin atau memperlebar jarak aman dari zona degradasi menjadi enam poin.

Sedangkan Burnley (33), yang menelan dua kekalahan beruntun, tertahan di urutan ke-15, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Pada pertandingan selanjutnya, Newcastle akan menjamu West Ham United di St. James' Park pada Sabtu (17/4) pekan depan, sedangkan Burnley sehari berselang menyambangi Old Trafford menantang Manchester United.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Chelsea, Liverpool ubah komposisi empat besar
Baca juga: Chelsea kembali ke empat besar selepas menang besar di Palace
Baca juga: Manchester City dipecundangi 10 pemain Leeds

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021