Jelang Ramadhan, positif COVID-19 di Pasaman Barat tambah 15 kasus

Jelang Ramadhan, positif COVID-19 di Pasaman Barat tambah 15 kasus

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumbar, Gina Alecia. (FOTO ANTARA/dok)

Benar, hari ini bertambah 15 orang yang positif COVID-19 di Pasaman Barat sehingga jumlah total kasus hingga saat ini mencapai 677 orang
Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menyatakan kasus positif COVID-19 di daerah itu pada Minggu atau sehari menjelang Ramadhan 1441 Hijriah bertambah 15 orang sehingga jumlah totalnya naik menjadi sebanyak 677 kasus.

"Benar, hari ini bertambah 15 orang yang positif COVID-19 di Pasaman Barat sehingga jumlah total kasus hingga saat ini mencapai 677 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Minggu.

Selain itu, jumlah total yang sembuh 599 orang, meninggal 39 orang dan dikarantina atau dirawat 39 orang.

Ia mengatakan 15 orang itu adalah wanita inisial RK (55), warga Jorong Sungai Jernih, Kecamatan Talamau, yang merupakan orang tanpa gejala (OTG) dan diduga kontak dengan kasus positif.

Lalu, pria inisial G (31) warga Jorong Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman yang merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya, pria inisial GVA (24) warga Simpang Tiga Ophir Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, yang merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.

Kemudian pria inisial JC (28) warga Jorong Mandiangin Kinali yang merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya, pria inisial ABJS (25), wanita RCS (15), pria inisial RCS (15), pria inisial RRS (17) yang merupakan warga Ophir Sekunder I Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo.

Selanjutnya wanita inisial SY (31), pria inisial M (29) warga warga Jorong Banjai Balai Kinali yang merupakan OTG dan diduga kontak dengan kasus positif.

Lima lagi adalah wanita inisial D (53) warga Jorong Bukit Melintang Kecamatan Sungai Aur, merupakan pasien suspek COVID-19, pria inisial RQS (5), pria inisial RR (7), wanita inisial MD (30) dan pria inisial YPJ (17). Keempatnya merupakan warga Jorong Pasaman Baru Kecamatan Pasaman yang merupakan pasien suspek COVID-19.

Ia menjelaskan pasien G saat ini direncanakan diisolasi di Kabupaten Tanah Datar. Pasien MD, RR dan RQS saat ini sudah mendapatkan perawatan di ruang isolasi RS Ibnu Sina Simpang Empat.

Ke-11 pasien konfirmasi positif lainnya saat ini sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Pasaman Barat dan RS Ibnu Sina Simpang Empat serta direncanakan diisolasi di RSUD Pasaman Barat, RS Ibnu Sina Simpang Empat dan Diklat BKPSDM Talu.

"Saat ini juga telah dilaksanakan langkah cepat proses pelacakan atau traking untuk memutus mata rantai penyebarannya," katanya.

Semua pihak diajak tetap mematuhi protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker dengan benar, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, demikian Gina Alecia.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Pasaman Barat bertambah 14 dalam dua hari terakhir

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat hari ini bertambah 11 orang

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah delapan orang

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kasus baru COVID-19 per 17 Juni bertambah 12.624

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar