Liga Belanda

Donyell Malen bawa PSV amankan kembali posisi kedua

Donyell Malen bawa PSV amankan kembali posisi kedua

Penyerang PSV Eindhoven Donyell Malen merayakan golnya ke gawang VVV Venlo dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Covebo, Venlo, Belanda, Minggu (11/4/2021). (ANTARA/REUTERS/SIPA USA/PRO SHOTS)

Jakarta (ANTARA) - Donyell Malen membawa PSV Eindhoven mengamankan kembali posisi kedua klasemen sementara Liga Belanda setelah mengalahkan VVV Venlo 2-0 dalam laga pekan ke-29 di Stadion Covebo, Minggu.

Malen mencetak satu gol dan mengirimkan assist untuk gol PSV lainnya yang dicetak Cody Gakpo dalam kemenangan tersebut, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Tim besutan Roger Schmidt itu kembali ke posisi kedua berbekal keunggulan selisih gol dibandingkan AZ Alkmaar, kendati kedua tim sama-sama mengoleksi 61 poin.

Sedangkan VVV (22), yang menelan kekalahan dalam sembilan pertandingan berturut-turut, tertahan di urutan ke-16 masih dalam bayang-bayang ancaman degradasi.

Baca juga: Hasil Liga Belanda: AZ naik posisi kedua usai kalahkan Sparta

PSV membuka keunggulan pada menit ke-13 saat umpan sodoran Malen diselesaikan sempurna oleh Gakpo yang melepaskan tembakan jarak jauh demi menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang.

Tim tamu terus mendominasi pertandingan tetapi enam percobaan tembakan lain yang mereka lepaskan hingga turun minum tak kunjung membuahkan gol tambahan.

VVV berkesempatan membalas pada menit ke-55 dalam situasi bola mati yang diakhiri umpan sundulan Tobias Pachonik, tetapi tembakan Georgios Giakoumakis masih mampu dihadang oleh bek Nick Viergever yang pasang badan di muka gawang.

Empat menit kemudian, PSV justru mampu menggandakan keunggulan mereka saat Malen menyelesaikan umpan matang kiriman Denzel Dumfries dengan sontekan jarak dekat yang cukup untuk memperdaya kiper Thorsten Kirschbaum.

PSV sebetulnya memiliki sejumlah peluang lain untuk memperlebar marjin keunggulan, sayangnya tak satu pun membuahkan hasil dan skor 2-0 bertahan hingga bubaran.

Baca juga: Ajax bangkit dari ketertinggalan saat menang di markas Heerenveen

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Hitachi Capital Mobility, Heerenveen mampu mencuri tiga poin penuh setelah menundukkan tuan rumah Groningen 2-0.

Penalti Henk Veerman membuka keunggulan tim tamu pada menit ke-71 sebelum Tibor Halilovic mengunci kemenangan 2-0 bagi Heerenveen empat menit menjelang bubaran waktu normal.

Kendati menang, Heerenveen tak beranjak dari urutan ke-10 klasemen dengan koleksi 37 poin, sedangkan Groningen (46) tetap di posisi keenam.

Dalam pertandingan selanjutnya pada Sabtu (24/4) pekan depan, PSV akan menjamu Groningen di Stadion Philips, VVV bertandang ke markas Sparta Rotterdam dan Heerenveen menjamu PEC Zwolle di Abe Lenstra.

Baca juga: Dua gol bunuh diri warnai kemenangan Feyenoord di markas Utrecht

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar