Kian aman cari pasangan di platform online

Kian aman cari pasangan di platform online

Ilustrasi - Cari pasangan di platform online. ANTARA/Pixabay.

Jakarta (ANTARA) - Platform kencan online sudah tidak asing bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang gemar membuka pertemanan baru, sebab aplikasi kencan online tidak cuma digunakan para pencari jodoh, namun bisa juga untuk mencari pertemanan hingga kolega bisnis.

Menggunakan aplikasi digital juga bisa menjadi solusi untuk berkenalan dengan orang baru, karena sebagian besar aktivitas dikerjakan di rumah sebagai imbas pandemi COVID-19.

Namun, aplikasi kencan digital bukan tanpa risiko, di dalamnya bisa saja terdaftar akun dengan informasi dan foto yang tak sesuai, penipuan hingga sosok yang kemudian menghilang (ghosting) dan kasus-kasus lainnya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, aplikasi kencan online yang telah ada sejak tahun 2013 Dating.com, membagikan sejumlah tips, berikut ulasannya:

Tidak ada yang sempurna

Ingatlah bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, sehingga sebaiknya Anda tidak tergoda dengan paras cantik dan tampan yang terlihat dalam foto profil aplikasi kencan, sebab bisa jadi foto tersebut sebenarnya palsu.

Jadi, cobalah memilih jenis aplikasi kencan online yang mempunyai fitur dan sistem yang aman. Aplikasi Dating.com melakukan verifikasi melalui video call atas profil pengguna, sehingga foto yang digunakan sebagai akun adalah asli, sesuai hasil verifikasi.

Hindari chat di luar aplikasi

Dengan alasan sibuk dan jarang buka aplikasi kencan, biasanya seseorang langsung meminta atau memberikan nomor telepon atau nomor chat pribadi. Namun, sebaiknya Anda tidak melakukan itu apabila baru mengenal melalui aplikasi.

Baca juga: Pengguna harus bijak gunakan aplikasi kencan online

Jika melakukan chat via aplikasi, dan ternyata teman yang baru Anda kenal adalah penipu, maka aplikasi kencan dapat membantu Anda menelusuri akun tersebut kemudian melaporkannya.

Tinggalkan jika bahas materi

Para penipu biasanya menjerat korban setelah menjalin koneksi emosional. Penipu umumnya akan bercerita soal hal buruk yang menimpa mereka, sehingga Anda merasa kasihan kemudian mau memberikan bantuan.

Untuk itu, Anda patut waspada terhadap kenalan baru yang membahas hal-hal berkaitan materi, misalnya meminjam uang, barang atau bentuk bantuan lainnya.

Carilah aplikasi dengan sistem verifikasi aman untuk mencegah potensi kejahatan. Sebagai contoh, aplikasi Dating.com memakai sistem moderator guna mendeteksi gelagat yang tidak beres dari setiap obrolan.

Moderator dalam aplikasi dapat memblokir teman chatting yang mempunyai maksud jahat, misalnya yang paling sederhana adalah ketika lawan chatting melontarkan kata-kata tak senonoh melalui aplikasi.

Hal terakhir adalah gunakan insting atau intuisi Anda ketika berkenalan dengan orang baru. Jika merasa ada hal-hal yang tidak wajar, sebaiknya segera tinggalkan atau tutup pembicaraan.

Baca juga: Kiat memulai obrolan di aplikasi kencan

Baca juga: Gambaran masa depan dunia kencan

Baca juga: Lima langkah temukan pasangan hidup

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kencan dengan Sinterklas di dunia maya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar