Kunjungan ini, selain sebagai penugasan dari Presiden Jokowi untuk menjamin ketersediaan pupuk, juga untuk memastikan bahwa stok pupuk mencukupi minimal untuk tahun 2021
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi memastikan produksi dan stok pupuk subsidi yang disediakan Pupuk Kaltim cukup dan siap disalurkan sesuai alokasi yang ditetapkan di wilayah tanggung jawab subsidi dalam memasuki Musim Tanam II April-Mei 2021.

“Saya percaya karyawan Pupuk Kaltim telah bekerja keras dan terus memberikan informasi yang tepat. Saya lihat sendiri stok pupuk subsidi sudah sangat cukup, terutama untuk didistribusikan ke wilayah-wilayah operasional Pupuk Kaltim,” kata Wamentan Harvick Hasnul Qolbi dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Wamentan mengunjungi pabrik Pupuk Kaltim yang disambut Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman, beserta jajaran Direksi dan Manajemen Pupuk Indonesia Grup.

“Kunjungan ini, selain sebagai penugasan dari Presiden Jokowi untuk menjamin ketersediaan pupuk, juga untuk memastikan bahwa stok pupuk mencukupi minimal untuk tahun 2021,” kata Wamentan Harvick.

Baca juga: Wamentan pastikan stok pupuk Pusri penuhi kebutuhan petani

Pada kesempatan itu Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman mengatakan Pupuk Indonesia telah menyiapkan 2,1 juta ton pupuk untuk stok menghadapi musim tanam, mulai dari Lini I hingga ke Lini IV.

“Pupuk Indonesia bertanggung jawab dalam penyediaan dan penyaluran pupuk subsidi secara keseluruhan, di mana proses distribusinya dimonitor melalui teknologi Distribution Planning and Control System (DPCS) ke seluruh Indonesia dan ke seluruh kios,” ujar Bakir.

Bakir mengucapkan terima kasih kepada Wamentan Harvick atas perhatiannya kepada sektor industri, khususnya di Lini I. “Dengan mengunjungi pabrik Pupuk Kaltim, kami harap Bapak Wamentan bisa mendapatkan input yang tepat mengenai isu-isu tentang kualitas dan distribusi pupuk,” kata Bakir.

Sementara itu Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi juga memastikan produksi dan distribusi pupuk dari Pupuk Kaltim aman selama periode Musim Tanam II 2021 (April-Mei 2021).

Baca juga: Kementan pastikan stok pupuk di wilayah Pantura Jabar aman

“Pupuk Kaltim berkomitmen untuk memaksimalkan penyaluran dan pemenuhan kebutuhan petani, baik yang telah terdaftar di e-RDKK maupun yang belum terdaftar untuk tercapainya ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Memastikan produksi lancar guna pemenuhan target stok pupuk, Pupuk Kaltim menerapkan teknologi dalam proses produksi dan distribusi pupuk. Perusahaan telah mengimplementasikan teknologi berbasis industri 4.0 di seluruh lini Perusahaan, mulai dari Smart Operation, Smart Maintenance, Smart Distribution, hingga Digital Performance Management System.

 Pupuk Kaltim bertanggung jawab atas pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi di delapan wilayah, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Hingga 7 April 2021, Pupuk Kaltim telah menyalurkan 306.038 ton pupuk bersubsidi (Urea dan NPK).

Pupuk Kaltim juga menyiapkan 217.499 ton pupuk subsidi dan 95.008 ton pupuk non subsidi di seluruh wilayah distribusi Pupuk Kaltim, untuk memenuhi kebutuhan petani, baik yang telah terdaftar di e-RDKK maupun yang belum terdaftar.

Baca juga: PT Pupuk Indonesia: Stok pupuk subsidi Kabupaten Manggarai tersedia
 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021